logo

Kampus

Baru 19,77 Persen Dosen UWM Yogyakarta Bergelar Doktor

Baru 19,77 Persen Dosen UWM Yogyakarta Bergelar Doktor
Rektor UWM Yogyakarta Edy Suandi Hamid menyambut doktor baru Fakultas Hukum (FH) UWM Yogyakarta Hartanto, yang telah menyelesaikan pendidikan S3 di bidang hukum dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. (EDUWARA/Dok. UWM Yogyakarta)
Setyono, Kampus28 Februari, 2023 23:49 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menyambut kembali dosen yang telah meraih gelar S3. Untuk meraih status universitas akreditasi Unggul, UWMY terus mendorong para dosen menempuh pendidikan S3.

Dosen yang baru menyelesaikan pendidikan S3 adalah dosen Fakultas Hukum (FH) UWM Yogyakarta Hartanto. Ia meraih gelar doktor di bidang hukum dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Rektor UWM Yogyakarta Edy Suandi Hamid mengatakan prestasi ini menunjukkan komitmen pihaknya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

"Dengan adanya tambahan doktor baru, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan UWM Yogyakarta dan masyarakat secara keseluruhan," jelas Edy dalam rilis, Selasa (28/2/2023).

Saat ini, terdapat 16 dosen UWM Yogyakarta yang sedang menempuh pendidikan S3, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini menunjukkan UWM Yogyakarta berusaha meningkatkan kualitas dosen dalam hal pengetahuan dan pengalaman untuk dapat memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswa.

Suandi menegaskan pentingnya keberadaan dosen dengan gelar S3. Hal ini bukan hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga untuk memenuhi standar akreditasi Unggul yang diperlukan.

Dikatakannya, untuk meraih status universitas berakreditasi Unggul, memerlukan minimal 70-80 persen dosen yang bergelar S3. UWM Yogyakarta sendiri baru memiliki 19,77 persen dosen yang bergelar doktor.

"Oleh karena itu, dengan meningkatkan jumlah dosen S3, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di UWM Yogyakarta. Jangan seperti pohon pisang, berbuah sekali lalu mati," tambahnya.

Edy berharap, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, UWM Yogyakarta terus berupaya untuk menciptakan lingkungan akademik yang kompetitif dan mendukung pengembangan mahasiswa dan memperkuat posisinya sebagai perguruan tinggi unggul berbasis budaya di Indonesia.

Dengan adanya dosen yang berpendidikan tinggi, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Read Next