logo

Kampus

Besok UNY Wisuda 1.365 Mahasiswa, Rizki Jadi yang Terbaik

Besok UNY Wisuda 1.365 Mahasiswa, Rizki Jadi yang Terbaik
Rizki Oktavianto menjadi wisudawan terbaik dari 1.365 mahasiswa UNY yang diwisuda Sabtu (26/2/2022). Mahasiswa FE UNY ini menyelesaikan kuliah dengan predikat cum laude dan raihan IPK 3,96. (EDUWARA/Humas UNY)
Setyono, Kampus25 Februari, 2022 18:03 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Rizki Oktavianto bakal menjadi wisudawan terbaik dari 1.365 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diwisuda Sabtu (26/2/2022). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY ini berhasil menyelesaikan kuliah dengan predikat cum laude. IPK yang berhasil dibukukannya adalah 3,96.

Dalam rilis ke Eduwara.com, Rizky disebutkan merupakan anak lelaki satu-satunya pasangan mendiang Sumardiyono dan Jariyah. Rizki ditinggal pergi ayahnya pada usia enam tahun dan sebagai ibu tunggal, Jariyah bekerja menjadi buruh catering.

"Ibu selalu berpesan, suatu saat saya harus menjadi orang yang sukses, dan untuk sukses harus menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan mencari pengalaman sebanyak mungkin" kata Rizki yang beralamatkan di Bantul, Jumat (25/2/2022).

Rizki bercerita perjuangannya menyelesaikan kuliah tidak mulus. Kondisi ekonomi keluarga terkadang menghalangi. Namun ibunya, Jariyah selalu menanamkan setiap ada niat pasti ada jalan. Rizki berhasil meraih beasiswa Hoshizora Foundation dan Qatar Charity sejak SD hingga SMA.

Diterima di UNY melalui jalur SNMPTN, Rizki yang lulus dari SMAN I Wonosari ini merupakan siswa berprestasi di OSN Ekonomi Akuntansi. Di setiap semester, ia pasti masuk tiga besar ranking paralel, hingga saat lulus mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik jurusan IPS.

"Lingkungan sekolah mendukung saya untuk mampu meraih prestasi terbaik. Namun di lingkungan tempat tinggal di Wonosari, saya mengalami verbal bullying dan sempat kepikiran untuk drop out," lanjutnya.

Berkat dorongan dan pendampingan gurunya, Endah Harminingtyas, Rizki batal drop out bahkan dapat meraih beasiswa Bidikmisi sebagai bekal studi lanjut.

Di UNY, Rizki memanfaatkan waktu dengan baik untuk menyeimbangkan sisi akademik dan nonakademik. Di sisi akademik, setiap semester ia selalu mendapatkan IP minimal 3,8. Di sisi nonakademik, ia aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) fakultas, 'KRISTAL' FE UNY.

Berbagai lomba tulis ilmiah yang diikutinya mengantar Rizki sebagai Mahasiswa Berprestasi FE UNY 2021. Baginya, kunci untuk berprestasi selama kuliah adalah memperhatikan penjelasan dosen, aktif dalam diskusi kelas, dan ketika kuliah online selalu berusaha untuk aktif dan open camera.

"Hal ini saya lakukan agar saya benar benar dapat ilmu yang berkah dan bermanfaat mulai dari hal-hal kecil yakni menghormati dosen yang sedang mengajar," katanya.

Sebagai mahasiswa berprestasi, Rizki berharap bisa mewujudkan doa ibunya untuk bisa lanjut S2 dengan beasiswa dan bisa menjadi dosen di masa yang akan datang.

Read Next