logo

Kampus

Gelar Campus Tour, UMY Undang Pelajar SMA dari Berbagai Daerah

Gelar Campus Tour, UMY Undang Pelajar SMA dari Berbagai Daerah
Sejumlah pelajar sekolah menengah berpose bersama usai mengikuti program Campus Tour UMY. Berlangsung dari 22 Februari sampai 15 Maret 2022, program ini digulirkan untuk mengenalkan dunia kampus, khususnya UMY. (EDUWARA/Humas UMY)
Setyono, Kampus25 Februari, 2022 17:33 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Bertepatan dengan milad ke-41, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar 'Campus Tour' bagi para pelajar sekolah menengah dari berbagai daerah. Kegiatan ini baru pertama kali digelar oleh UMY.

Milad UMY diperingati setiap 15 Maret. Campus Tour akan berlangsung selama tujuh hari dalam kurun waktu, 22 Februari sampai 15 Maret 2022.

Kepala Urusan Promosi UMY Imam Suprabowo mengatakan pihaknya ingin memberikan kesempatan pada masyarakat luas dengan berkeliling atau mengenal UMY secara langsung.

"Kami ingin memberikan kesempatan pada masyarakat lewat 'Campus Tour' untuk memperkenalkan UMY secara offline. Intinya, masyarakat diajak untuk benar-benar mengetahui UMY lebih dalam lagi," katanya lewat rilis, Jumat (25/2/2022).

Berbeda dari acara kunjungan rutin yang sering dilakukan, acara Campus Tour menghadirkan moda transportasi khusus berupa kereta kelinci yang mengantarkan peserta mengunjungi dan mengelilingi kampus UMY. Mereka didampingi pemandu guna memberikan informasi secara gamblang.

"Mereka datang, kita briefing dengan protokol kesehatan. Kemudian keliling UMY menggunakan kereta kelinci, diberikan informasi oleh pemandu terkait sejarah, informasi fakultas, program studi, akreditasi, dan fasilitas pendukung lainnya," jelasnya.

Imam menuturkan agenda ini terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat, baik bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Pondok Pesantren, maupun berbagai lapisan masyarakat secara selektif.

"Kita membuka pendaftaran seluas-luasnya. Namun karena sedang dalam kondisi Covid-19, kami memberikan kesempatan untuk ikut kegiatan ini lebih selektif," ungkapnya.

Agar bisa ikut dalam program ini, Imam menyebut calon peserta mengirimkan permohonan kunjungan jauh-jauh hari. Tak hanya pelajar sekolah menengah, Campus Tour juga diintegrasikan dengan berbagai lapisan masyarakat lainnya seperti perkumpulan pengajian ibu-ibu serta majlis ta'lim.

Setelah berlangsung selama tiga hari, Imam mengatakan pihaknya menargetkan hingga akhir jadwal program akan tercapai sebanyak 1.000 orang. Dirinya optimis jumlah peserta akan melebihi target.

"Tiga hari ini peserta program datang dari berbagai daerah, seperti Banyuwangi, Tasikmalaya, Garut, dari berbagai daerah di Jawa Tengah, dan masyarakat sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta," ungkapnya.

Ia berharap masyarakat mengenal lebih dekat dan memahami keseriusan UMY dalam mengelola institusi. Ke depan, apa yang didapatkan peserta akan menjadikan UMY sebagai pilihan yang tepat melanjutkan studi lanjut di perguruan tinggi.

Read Next