logo

Kampus

Dekan FH UI Terpilih Jadi Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum PTN

Dekan FH UI Terpilih Jadi Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum PTN
Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Edmon Makarim terpilih sebagai Ketua Badan Kerja Sama (BKS) Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia periode 2022-2024 (UI)
Bhakti Hariani, Kampus05 April, 2022 13:18 WIB

Eduwara.com, DEPOK—Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Edmon Makarim terpilih sebagai Ketua Badan Kerja Sama (BKS) Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia periode 2022-2024. Edmon terpilih dalam Rapat Kerja Nasional BKS Dekan PTN se-Indonesia.

BKS-FH Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia adalah wadah kerja sama Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang difokuskan dalam pengembangan standar pendidikan hukum di Indonesia. Hal yang menjadi rutinitas diselenggarakannya kegiatan ini adalah pengembangan kurikulum ilmu hukum agar adaptif dengan dinamika masyarakat dan pembangunan.

Kurikulum pendidikan hukum tengah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Edmon dipilih sebagai Ketua BKS Dekan FH Se-Indonesia menggantikan Farida Patittingi dari Universitas Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan. Farida telah menjabat sebagai Ketua Dekan FH Se-Indonesia sejak tahun 2018. 

“Ini adalah amanah. Saya akan terus berkomunikasi sebelum mengambil keputusan kepada BKS wilayah barat, BKS wilayah tengah, dan BKS wilayah timur. Saya ucapakan terima kasih atas kepercayaannya,” ujar Edmon dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Selasa (5/4/2022).

Sebagai Ketua BKS Dekan FH Se-Indonesia, Edmon yang memiliki kepakaran ahli hukum Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) memiliki visi misi, yaitu mengembalikan negara ke negara hukum. Keinginannya menjadikan hukum bukan sebagai panglima, melainkan raja. Edmon berharap di generasi mendatang fakultas hukum menjadi unggul.

Edmon terpilih sebagai ketua berdasarkan pemungutan suara dan meraih suara terbanyak. Farida Patinggi sebagai mantan Ketua BKS FH memberikan ucapan selamat kepada Edmon atas terpilihnya sebagai Ketua BKS FH se-Indonesia. Rapat Nasional ini diikuti oleh 43 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yang terdaftar dan terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, serta Ketua Program Studi FH PTN se-Indonesia.

Read Next