logo

Sekolah Kita

Di LOOKASI 2022, MTs Muhammadiyah Solo Borong Juara 1 Kategori Keilmuan dan Kreasi

Di LOOKASI 2022, MTs Muhammadiyah Solo Borong Juara 1 Kategori Keilmuan dan Kreasi
Perwakilan MTs Muhammadiyah Solo usai pengumuman hasil lomba LOOKASI 2022 di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Sabtu (24/09/2022). (EDUWARA/Kemenag Solo)
Redaksi, Sekolah Kita29 September, 2022 01:04 WIB

Eduwara.com, SOLO – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Solo berhasil memborong juara 1 terbanyak dibanding dengan sekolah lainya dalam ajang LOOKASI (Lomba Olahraga Keilmuan dan Kreasi) 2022 tingkat Kota Solo. 

Hal tersebut berdasarkan pengumuman hasil lomba di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Sabtu (24/09/2022) lalu.

LOOKASI merupakan kegiatan lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhamamdiyah (PD IPM) Kota Solo. Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring, tahun ini dapat dilaksanakan lagi secara luring dengan target peserta SMP dan SMA seluruh Kota Solo.

Pelaksanaan LOOKASI 2022 kategori keilmuan dan kreasi diselenggarakan pada Sabtu (24/09/2022) di SMP Muhamadiyah 2 Solo. Adapun untuk kategori olahraga dilaksanakan pada Sabtu (10/09/2022) di Stadion Mini Solo.

“LOOKASI merupakan lomba event tahunan dari IPM Solo untuk siswa-siswi baru kelas VII SMP dan kelas X SMA se-Solo,” tutur Ketua Panitia, Mafaza Haikal seperti dilansir Eduwara.com, Rabu (28/9/2022), dari laman Kementerian Agama (Kemenag) Solo.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTs Muhammadiyah Solo, Juni Tur Endah Rusdiyani mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya.

“Alhamdulillah kami merasa bangga dan bersyukur untuk tahun ini siswa-siswi kami mendapat juara 1 di empat cabang lomba keilmuan dan kreasi, serta juara 3 di cabang olahraga,” ujar dia.

Juni Tur Endah menambahkan, prestasi-prestasi tersebut diraih karena usaha keras dari siswa-siswi serta bimbingan rutin dari bapak dan ibu guru pendamping.

“Ini semua adalah hasil usaha keras siswa-siswi dan bimbingan dari bapak ibu guru pendamping serta doa dari seluruh warga MTs Muhammadiyah Solo,” tambah dia.

Dia menambahkan, siswa-siswi yang berhasil menyabet juara antara lain, Juara 1 Lomba MMQ (Musabaqoh Murottal Quran) diraih oleh Sabrina Syafa Altaf, siswi Kelas VII. Kemudian jara 1 Lomba Sambung Ayat Putra diraih oleh Habbiburakhim Asy Syafii’ Al Faizi siswa kelas VII, serta Juara 1 Lomba Sambung Ayat Putri diraih oleh Aisyah Adz Dzakiyah siswi kelas VII.

Selain itu, Juara 1 Lomba Video Pendek diraih oleh siswa kelas VII Program Khusus (PK) yaitu Nabila, Nanda, Aline, Rizki Dwi Rama, dan Idris. Juara 3 Lomba Lari Estafet diraih siswa kelas VII diraih oleh Habbirahim Asy Syafi, Rizki Dwi Rama, Iqbal Qori, dan Sauqi Asyraf.

Kepala MTs Muhammadiyah Solo, Sumarman menyambut baik dan bersyukur atas perolehan prestasi tersebut. Dia juga bangga karena siswanya mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lainya.

“Sebagai kepala madrasah, kami bersyukur dan merasa bangga bahwa siswa Pesatren Muhammadiyah (TrenMu) KH Ahmad Dahlan MTs Muhammadiyah Solo mampu bersaing dengan siswa sekolah lain dan terbukti mereka bisa menunjukkan prestasi yang lebih baik. Ini sangat penting untuk mengangkat madrasah ini ke level puncak,” ungkap dia.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga berharap siswa-siswinya bisa tetap giat belajar, dan istiqomah dalam menghafal Al Quran agar ilmunya nanti dapat bermanfaat untuk masa depanya kelak.

"Saya berharap, semoga dengan adanya lomba ini akan mampu memacu semangat para siswanya untuk tetap giat belajar, istiqomah dalam menghafal Alquran, dan kedepan ilmunya bisa bermanfaat untuk semuanya,” pungkas dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next