logo

Kampus

Di Usia ke 50 Tahun, ITNY Siap Menyambut 14 Dosen S3

Di Usia ke 50 Tahun, ITNY Siap Menyambut 14 Dosen S3
Peringatan Dies Natalis ke-50 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Sabtu (25/2/2023), di kampus setempat. (EDUWARA/Dok. ITNY)
Setyono, Kampus01 Maret, 2023 00:17 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Bertepatan dengan usia ke 50 tahun pada 25 Februari lalu, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) bersiap menyambut 14 dosen yang kini tengah menempuh pendidikan S3 di berbagai negara.

Peringatan puncak Dies Natalis ke-50 ITNY digelar pada Senin (27/2/2023) dan disebarkan ke media pada Selasa (28/2/2023).

Rektor ITNY, Setyo Pambudi mengatakan pada usia ke-50 tahun, ITNY telah memiliki program kerja jangka panjang menuju dan menjadi perguruan tinggi bereputasi nasional.

"Kami memiliki program kerja yang sudah disusun sejak 2020 sampai 2045. Pada 2045 atau saat Indonesia Emas berlangsung, kami berkomitmen menjadi perguruan tinggi bereputasi nasional (unggul) dan memiliki inkubator bisnis ITNY melalui usaha berbasis teknologi yang mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara," jelasnya.

Mewujudkan target tersebut, ITNY terus meningkatkan kualitas para dosen. Salah satunya dengan mengirim para dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada 2023 ini, sebanyak 14 dosen ITNY tengah menempuh studi S3 di berbagai negara. Hal itu menjadi dorongan ITNY untuk mengepakkan sayap melalui pengajar yang berintegritas.

"Kalau 14 dosen itu sudah kembali lagi ke ITNY, kami akan memiliki 35 dosen yang sudah mendapatkan gelar doktor," kata Setyo.

Dengan kehadiran dosen yang mendapatkan gelar doktor itu, maka ITNY bisa segera membuka program studi pascasarjana untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam menempuh pendidikan.

Melalui orasi ilmiah 'Menuju Kemajuan dan Pertumbuhan yang Berkelanjutan’, Setyo mengatakan ITNY ingin menegaskan komitmen dalam menciptakan generasi bangsa yang berprestasi melalui technopreneurship.

"Terutama pada sarana prasana penunjang kinerja ITNY dalam mempersiapkan diri menuju PT bereputasi nasional, yang mana menjadi tujuan road map ITNY periode 2 atau 2026-2030," tutupnya.

Ketua Pengurus ITNY, Supatno, mengungkapkan, Dies Natalis ke-50 menjadi momen terpenting untuk mengawali paruh abad kedua ITNY.

"Kepada seluruh orang yang terlibat di ITNY, khususnya mengenai tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, saya harap lebih bisa meningkatkan kinerja dalam menyongsong paruh abad kedua ITNY," pinta dia.

Terlebih ITNY sudah banyak terlibat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan sudah berpengalaman panjang dalam menghadapi berbagai tantangan. Sehingga dirinya yakin, ITNY dapat terus mampu bertahan dan berkembang dengan baik untuk menuju kemajuan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Read Next