logo

Kampus

Dihadirkan di AEE 2022, Golden Ticket Unair Diminati Pendaftar

Dihadirkan di AEE 2022, Golden Ticket Unair Diminati Pendaftar
Rektor Unair Mohammad Nasih (tengah) bersama siswa SMA pengunjung Airlangga Education Expo (AEE) 2022. Usai membuka AEE 2022, Nasih membuka sesi tanya jawab dengan mereka. Ada tujuh siswa SMA yang naik ke panggung untuk melontarkan pertanyaan terkait proses seleksi SNMPTN, SBMPTN, hingga seluk-beluk kuliah di Unair. (EDUWARA/Humas Unair)
Redaksi, Kampus18 Februari, 2022 21:04 WIB

Eduwara.com, SURABAYA – Golden Ticket, yang diperuntukkan bagi pelajar berprestasi yang ingin lolos masuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, kembali dihadirkan dalam gelaran akbar Airlangga Education Expo (AEE) 2022, yang diselenggarakan secara daring dan luring, di Airlangga Convention Center (ACC) Unair, mulai 18-20 Februari 2022. 

Dalam laman resmi Unair dijelaskan Golden Ticket merupakan jalur istimewa berupa kuota ekstra penerimaan mahasiswa baru yang ditujukan bagi pelajar dengan prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik.

Rektor Unair Mohammad Nasih menjelaskan, pada hari pertama gelaran AEE 2022, tercatat telah ada 500 pelajar yang mendaftar jalur Golden Ticket.

“Tidak ada batasan tertentu berapa banyak peserta yang akan diterima. Tidak ada kuota tertentu. Jadi kita seleksi, verifikasi benar-benar, dan kita fasilitasi sebaik-baiknya. Kuota bisa 1 persen, 2 persen, atau lima persen, semua tergantung para pendaftar,” jelas Nasih di depan awak media.

Namun secara spesifik, Nasih menyebut bahwa Golden Ticket nantinya akan masuk dalam kuota SNMPTN Unair. Meski demikian Nasih memastikan kuota SNMPTN Unair tidak akan berkurang dengan adanya penambahan kuota jalur Golden Ticket.

Nasih menambahkan, jalur SNMPTN di Unair memiliki kuota 1.200 hingga 1.300 bagi mahasiswa baru. Jumlah tersebut setara 20 persen dari total tiga jalur masuk yang dibuka Unair, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Persentase kuota akan dinamis mengikuti kebijakan Unair selama angkanya berada pada minimal 20 persen.

Dua Kategori 

Sedangkan proses seleksi jalur Golden Ticket, lanjut Nasih, akan dibagi dalam dua kategori, yakni prestasi akademik dan non-akademik. 

“Caranya mudah, segera daftarkan dengan melampirkan syarat-syarat prestasi yang dimiliki. Dokumen akan kita verifikasi dan umumkan. Dokumen yang menunjukkan keluarbiasaan, apa saja, daftarkan,” imbuhnya.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Mohammad Nasih, membuka gelaran akbar Airlangga Education Expo (AEE) 2022, di Airlangga Convention Center (ACC) Unair, Jumat (18/2/2022). (EDUWARA/Humas Unair)  

Namun, ditegaskan Nasir, bahwa peserta yang mendaftar Golden Ticket harus terdaftar sebagai peserta SNMPTN dan menempatkan Unair sebagai pilihan pertama.

“Pilihan pertama di SNMPTN harus Unair karena Golden Ticket nantinya akan masuk kuota SNMPTN. Karena kalau Unair ada di pilihan dua atau tiga, dan ternyata saat seleksi SNMPTN pilihan pertama yang lolos, kita tidak bisa berbuat apa-apa,” jelasnya.

Dalam dua hari ke depan, tim AEE 2022 akan terus melakukan seleksi terhadap ratusan peserta yang mendaftar jalur Golden Ticket. Proses seleksi akan memverifikasi berkas dan kesesuaian prestasi pelajar dengan prodi yang ingin dimasuki.

Pembukaan AEE 2022 ditandai dengan penekanan sirine oleh Rektor Unair, Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, beserta perwakilan sponsor, di Airlangga Convention Center (ACC) Unair, Jumat (18/2/2022). AEE 2022 menjadi istimewa karena diselenggarakan secara daring dan luring, mulai 18-20 Februari 2022. 

Tahun ini, AEE 2022 mengangkat tema Smart Journey for Excellent Future. Melalui tema tersebut, peserta ekspo akan diajak mengelilingi 14 booth fakultas untuk mendapatkan informasi terbaik tentang program studi yang diminati.

AEE 2022 menjadi forum bagi masyarakat untuk mendapat informasi yang tepat terkait program studi dan Unair. AEE 2022 juga menjadi media pendorong calon mahasiswa untuk memilih prodi dengan sebaik-baiknya.

“Semua persoalan, diskusi, dan konsultasi bisa peserta lakukan langsung dengan setiap fakultas. Untuk itu mohon kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan agar tidak salah pilih,” kata Nasih.

Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sesi kunjungan Rektor UNAIR ke masing-masing booth fakultas. Dalam dua hari ke depan, AEE 2022 masih akan menyuguhkan berbagai acara, talkshow, dan perkenalan fakultas kepada ratusan peserta daring dan luring dari berbagai penjuru Indonesia. 

Read Next