logo

Kampus

Dukung Potensi Kewirausahaan, FTUI Kembangkan Technopreneur Club

Dukung Potensi Kewirausahaan, FTUI Kembangkan Technopreneur Club
Suasana peluncuran Technopreneur Club FTUI (UI)
Bhakti Hariani, Kampus12 April, 2022 14:42 WIB

Eduwara.com, DEPOK—Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengembangkan Technopreneur Club untuk mendukung potensi kewirausahaan di lingkungan kampus. Kehadiran Technopreneur Club ini melengkapi Entrepreneurship Camp dan Inkubator Bisnis yang sudah dikembangkan. 

Kepala Unit Wirausaha Inovasi/Kepala Reverse Engineering Center FTUI Muhamad Sahlan menuturkan, Entrepreneurship Camp dan Inkubator Bisnis tidak hanya untuk sivitas akademik FTUI, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum yang tertarik bekerja sama dengan FTUI. 

“Selain itu, demi membangun ekosistem yang suportif terhadap semangat inovasi dan kewirausahaan di lingkungan FTUI, kami juga memiliki Technopreneur Club FTUI,” ujar Sahlan dalam launching virtual Technopreneur Club seperti dilansir dari siaran pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Selasa (12/4/2022).

Dipaparkan Sahlan, lembaga Technopreneur Club FTUI memiliki sifat layaknya sarang lebah yang merupakan wadah untuk menempatkan dan mengolah potensi terbaik dari sivitas akademika FTUI. Lembaga ini merupakan media bagi para sivitas untuk mengembangkan potensi bisnis berbasis teknologi.

Sivitas juga diharapkan mampu menjadi problem solver dari setiap permasalahan sebagai bentuk ikhtiar memajukan peradaban. Sivitas akademika FTUI dan masyarakat umum dapat bergabung dengan Technopreneur Club FTUI.

“Pendaftaran dibuka sampai 29 April 2022. Setiap anggota Technopreneur Club FTUI mendapatkan kesempatan mengikuti program dan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan start up,” ungkap Sahlan.

Berbasis Teknologi

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan, Fakultas Teknik (FT) merupakan salah satu motor dari pusat ilmu pengetahuan dan teknologi Universitas Indonesia (UI) dalam mewujudkan entrepreneurship berbasis teknologi (technopreneurship).

Entrepreneurship merupakan kegiatan yang diminati generasi muda saat ini. Oleh karena itu, kami mendorong dan mendukung Fakultas Teknik untuk membidani lahirnya perusahaan-perusahaan rintisan baru yang mampu menjawab tantangan dan perkembangan zaman,” kata Ari.

Dekan FTUI Heri Hermansyah mengungkapkan, kegiatan wirausaha berbasis teknologi ini sejalan dengan visi UI, yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia. 

Demi menjawab tantangan ini, kata Heri, FTUI membuka peluang seluas-luasnya kepada pihak industri dan masyarakat umum yang ingin bekerja sama membangun wirausaha rintisan berbasis teknologi. 

“Kami berupaya membangun pengusaha-pengusaha baru di lingkungan FTUI dengan harapan dapat saling bersinergi dan berkolaborasi,” tutur Heri.

Read Next