logo

EduBocil

Pacu Kompetensi Numerasi, Kemendikbudristek Buka Beasiswa Nongelar bagi Guru PAUD-SD

Pacu Kompetensi Numerasi, Kemendikbudristek Buka Beasiswa Nongelar bagi Guru PAUD-SD
Beasiswa Microcredential Numerasi Guru PAUD dan SD oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek. (Kemendikbudristek)
Redaksi, EduBocil06 April, 2022 14:02 WIB

Eduwara.com, SOLO – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka beasiswa Pendidikan nongelar (microcredential) untuk meningkatkan kompetensi numerasi bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) secara daring.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan kesempatan kepada guru PAUD dan SD untuk mengikuti seleksi Program Beasiswa Microcredential (Pendidikan nongelar) Numeracy Professional Learning di Monash University Australia yang akan diselenggarakan secara daring.

Melansir pengumuman resminya, pendaftaran program tersebut dibuka dari 21 Maret 2022 hingga 30 April 2022. Program akan dilaksanakan dpada 2022 dengan pembekalan selama satu hari, yang dilanjutkan training numerasi selama lima hari bagi guru PAUD dan SD dari pakar Numeracy Professional Learning Program Monash University.

Adapun syarat umum pendaftaran program itu antara lain Warga Negara Indonesia, tidak sedang atau akan menerima beasiswa bergelar maupun non-gelar yang didanai APBN/APBD dan LPDP, memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Kemudian, sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit dua tahun berturut-turut di satuan pendidikan PAUD dan SD, sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi pendidikan Strata 1 atau Diploma IV, memiliki kemampuan penggunaan TIK dan jaringan internet yang memadai, dan melampirkan surat rekomendasi dari atasan.

Lebih lanjut, ketentuan atau persyaratan khusus bagi pendaftar progam beasiswa tersebut antara lain batas usia pendaftar 50 (lima puluh) tahun per 31 Desember 2022; memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) jenjang sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau dilegalisir dan diunggah pada aplikasi pendaftaran.

Kemudian mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku. Skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500/iBT TOEFL® 60/IELTS 6.0/PTE Academic 50.

Pendaftaran Beasiswa Microcredential Bidang Numerasi Monash University Australia Tahun 2022 bagi Guru PAUD dan SD dari LPDP dan GTK Kemdikbud dilakukan melalui laman ini. (K. Setia Widodo)

Read Next