logo

Kampus

Fakultas Agroindustri UMBY Jadwalkan Gelar Bazar Pangan Murah Setiap Tahun

Fakultas Agroindustri UMBY Jadwalkan Gelar Bazar Pangan Murah Setiap Tahun
Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar bazar pangan murah untuk pertama kalinya pada akhir pekan kemarin. Dijadwalkan, acara serupa akan menjadi agenda tahunan fakultas. (UMBY)
Setyono, Kampus13 Desember, 2022 16:50 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar bazar pangan murah untuk pertama kalinya pada akhir pekan kemarin. Dijadwalkan, acara serupa akan menjadi agenda tahunan fakultas.

Berlangsung di halaman gedung Rektorat Kampus I UMBY di Sedayu, Bantul acara yang dimulai pukul 06.00 – 14.00 WIB merupakan hasil kolaborasi dengan Badan Pangan Nasional serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rektor UMBY Agus Slamet pada keterangan resmi Selasa (13/12/2022) menyatakan kegiatan pada Sabtu (10/12/2022) ini merupakan bentuk kepedulian kampusnya dalam memenuhi arahan Presiden Joko Widodo mengenai pengendalian inflasi dari berbagai pihak.

"Kerjasama pengendalian inflasi, untuk menekan kenaikan harga di suatu daerah dapat dilakukan dengan mendatangkan komoditas daerah surplus ke defisit dan bazar pangan murah agar tercipta keseimbangan harga," kata Rektor.

Acara yang baru pertama kali digelar ini menurut Agus menargetkan Target yang terbantunya masyarakat secara umum di sekitar lingkungan UMBY dalam pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan pangan.

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Badan Pangan Nasional Maino Dwi Hartono menyebut keberadaan bazar pangan murah ini sebagai jaminan kepastian akan ketersediaan pangan. Dimana setiap akhir tahun dan hari besar keagamaan nasional permintaan meningkat.

"Masyarakat jangan panik, dan jangan panic buying, sehingga harga akan tetap terjangkau. Ketersediaan pangan akan tercukupi dan terdistribusi merata ke seluruh masyarakat Indonesia,"terang Maino yang merupakan alumni program studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Agroindustri UMBY.

Selain sepenuhnya didukung Badan Pangan Nasional, dalam pemenuhan barang kebutuhan masyarakat juga difasilitasi oleh DPKP DIY, asosiasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), serta dari BUMN Pangan BULOG dan IDFOOD.

Badan Pangan Nasional mensupport terkait gerakan Bazar Pangan Murah yang berkolaborasi dengan dalam rangka menjaga ketersediaan pangan.

"Pasca gelaran ini, kami berharap kedepan UMBY dan Badan Pangan Nasional bisa berkolaborasi dan bersinergi, serta meningkatkan kerjasamanya dalam kajian atau penelitian-penelitian," lanjut Maino.

Dekan Fakultas Agroindustri UMBY Chatarina Lilis Suryani, mengatakan bazar pangan murah yang ini dijadwalkan akan menjadi agenda pihaknya setiap tahunnya.

"Maksud dan tujuan diadakannya yakni meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya pangan dan masalah pangan secara global, kemudian melakukan pengendalian stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta inflasi pangan, serta mendorong semua pihak untuk ikut serta mewujudkan pangan kuat, Indonesia berdaulat," paparnya.

Read Next