logo

Kampus

Fakultas Kedokteran UKDW dan RS Bethesda Yogyakarta Gelar Operasi Katarak Gratis

Fakultas Kedokteran UKDW dan RS Bethesda Yogyakarta Gelar Operasi Katarak Gratis
Peserta operasi katarak gratis menjalani skrining kesehatan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar mengidap katarak dan dalam kondisi kesehatan yang siap untuk menjalani operasi, Sabtu (10/6/2023), di Aula Gereja Katolik St Yusup Bintaran Yogyakarta. Kegiatan operasi katarak gratis ini digelar dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-14 FK UKDW dan Hari Ulang Tahun ke-124 RS Bethesda Yogyakarta. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Redaksi, Kampus13 Juni, 2023 22:37 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) dan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta bekerja sama dengan PERDAMI Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta, Gereja Katolik St Yusup Bintaran, PT Sinar Herba Radix, dan Wayang Adventure mengadakan kegiatan operasi katarak gratis bagi masyarakat pada Minggu (11/6/2023), di RS Bethesda Yogyakarta. 

Dalam rilis yang dikirimkan ke Redaksi Eduwara.com, Selasa (13/6/2023), dijelaskan jika kegiatan operasi katarak gratis tersebut digelar dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-14 FK UKDW dan Hari Ulang Tahun ke-124 RS Bethesda Yogyakarta.

Proses operasi katarak diawali dengan proses skrining yang dilakukan pada Sabtu (10/6/2023), di Aula Gereja Katolik St Yusup Bintaran Yogyakarta. Proses skrining ini dilakukan oleh tim dari RS Bethesda Yogyakarta dan PERDAMI Cabang DIY, serta dibantu oleh mahasiswa FK UKDW untuk pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, hingga asam urat. 

“Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa peserta benar-benar mengidap katarak dan dalam kondisi kesehatan yang siap untuk menjalani operasi,” jelas Patricia Dissy Andrea, salah satu panitia pelaksana dari FK UKDW. 

Dijelaskan pula bahwa terdapat 153 peserta yang mendaftar operasi katarak gratis. Sebanyak 137 peserta di antaranya telah melalui skrining. 

“Adapun jumlah peserta yang lolos skrining sebanyak 53 peserta dan menjalani operasi katarak di RS Bethesda Yogyakarta. Operasi katarak dilakukan oleh sejumlah dokter spesialis mata dibantu oleh tim PERDAMI Cabang DIY dengan teknik fakoemulsifikasi dan small-incision cataract surgery (SICS),” terangnya.

Kegiatan operasi katarak gratis dilaksanakan hampir setiap tahun dan diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin sebagai salah satu cara penanggulangan gangguan penglihatan di masyarakat yang disebabkan oleh katarak. 

“Harapannya kualitas hidup seseorang dapat meningkat jika memiliki penglihatan yang optimal,” katanya.

Hadir dalam operasi katarak gratis tersebut, Lurah Wirogunan Siti Mahmudah Setyaningsih, Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Mergangsan Memoris TF Sarumaha, dan Kepala Paroki St Yusup Bintaran Romo Yohanes Triwidianto.

Tampak hadir pula, Wakil Direktur Pelayanan Medik RS Bethesda Yogyakarta Edy Wibowo, Dekan FK UKDW The Maria Meiwati Widagdo, Komisaris PT Sinar Herba Radix Sukamdhani Kencana, Ketua Subdiv Oftalmologi Komunitas FK-KMK UGM Suhardjo, dan Ketua PERDAMI Cabang DIY Firman Setya Wardhana. (*) 

Read Next