logo

Kampus

Ini Tips Berkarir di Perusahaan Digital Bagi Fresh Graduate

Ini Tips Berkarir di Perusahaan Digital Bagi Fresh Graduate
Vice President Public Sector Payment LinkAja, Marcella Wijayanti, saat tampil di UMMTalks in Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang disiarkan live di kanal Youtube UMMtube, Jumat (31/12/2021). (EDUWARA/UMM)
Fathul Muin, Kampus04 Januari, 2022 20:00 WIB

Eduwara.com, MALANG — Vice President Public Sector Payment LinkAja, Marcella Wijayanti, memberikan tip mengenai peluang kerja bagi fresh graduate di perusahaan digital.

Cella --sapaan akrab Marcella Wijayanti-- menjelaskan, di perusahaan digital atau tech company ada empat bidang besar yaitu product team, engineering team, business team, dan corporate team. Keempatnya memiliki tugas dan peran masing-masing di perusahaan.

Cella menjelaskan, engineering team misalnya, bertugas untuk mendesain produk seperti apa dan bagaimana bentuknya. Sementara product team akan bertugas membuat produk dari awal sampai sudah jadi.

"Business team akan mengelola cara pemasarannya ke masyarakat. Lalu bagian tim corporate berfungsi untuk menjalin komunikasi antar perusahaan maupun dengan masyarakat luas. Mereka juga bertanggung jawab atas perkembangan perusahaan dan finansial," ujar mantan Head of Sustainability Gojek tersebut dalam keterangan resminya, Selasa (4/1/2022).

Uniknya, lanjut Cella, di perusahaan digital, masing-masing orang bisa bekerja lintas divisi. “Misalnya, saya di Gojek dulu bekerja di tim corporate lalu sekarang di LinkAja saya bekerja di tim business,” katanya.

Pada UMMTalks in Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang disiarkan live di kanal Youtube UMMtube, Jumat (31/12/2021), Cella mengatakan peluang bagi fresh graduate untuk bekerja di tech company sangat besar.

Saat ini, jurusan perkuliahan sudah tidak terlalu relevan untuk beberapa bidang pekerjaan. Salah satunya adalah pekerjaan-pekerjaan di perusahaan digital. Menurutnya, bekerja di perusahaan digital yang bagus akan sangat membantu para fresh graduate untuk mengembangkan diri.

"Banyaklah yang bisa kita pelajari jika bekerja di sektor digital. Sekarang, mereka tidak memandang jurusan dalam memilih karyawan. Perusahaan digital lebih membutuhkan pegawai yang memiliki logika yang bagus, keinginan belajar yang tinggi, bisa menerima kritik dan saran, serta dapat memperbaiki kesalahannya dan terus berkembang. Menurut saya, tech company merupakan pasar tenaga kerja yang sangat fleksibel," katanya.

Dalam mencari kerja, dia memberikan beberapa saran kepada para fresh graduate, yakni mencari perusahaan yang mendatangkan banyak exposure, jangan mudah tergiur dengan gaji yang tinggi, biasanya fresh graduate akan digaji sekitar Rp 4 juta – 10 juta di Jakarta. Jika fresh graduate mendapat gaji lebih dari itu, maka patut diwaspadai. 

Terakhir, pilihlah tempat di mana memberikan peluang untuk berinovasi dan memiliki ruang belajar yang luas. "Jangan memilih bidang pekerjaan yang aman karena kalian tidak akan berkembang," katanya. 

Selain itu ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh para fresh graduate, yakni keterampilan dalam mengungkapkan ide dan gagasan dengan baik, kemampuan riset, thinking yang mumpuni, mempunyai pemikiran untuk terus bertumbuh, serta suka untuk mencoba hal baru.  

"Bagi para fresh graduate, kalian harus bekerja keras dan tekuni apa yang sedang kalian lakukan," katanya memberikan saran.

Read Next