logo

Kampus

ITB Telah Bentuk Tim Transisi SBM Sekaligus Pelaksana Tugas Dekanat

ITB Telah Bentuk Tim Transisi SBM Sekaligus Pelaksana Tugas Dekanat
ITB Telah Bentuk Tim Transisi SBM Sekaligus Pelaksana Tugas Dekanat (ITB)
Bunga NurSY, Kampus25 Maret, 2022 15:40 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Institut Teknologi Bandung (ITB) telah membentuk tim transisi dan transformasi Sekolah Bisnis dan Manajemen yang akan bekerja hingga Juni 2022 demi menjaga kelangsungan kegiatan akademik selama masa peralihan.

Hal ini diungkapkan oleh Rektor ITB Reini Wirahadikusumah saat memenuhi undangan Komisi X DPR RI Bersama dengan tim pimpinan ITB pada Kamis (24/03/2022) untuk membahas penyelesaian masalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.

“Terkait penyelesaian masalah dengan SBM, ITB telah membentuk tim transisi dan transformasi SBM ITB yang akan bekerja hingga Juni 2022,”kata Reini seperti dikutip dari siaran pers ITB, Kamis (24/03/2022).

Adapun, tambahnya, tim tersebut terdiri atas lima dosen SBM, lima dosen fakultas/sekolah lain, dan dua orang bagian kesekretariatan. Kick-off meeting telah berlangsung pada Jumat (18/3/2022). Selama masa transisi ini pula, ITB menerbitkan Peraturan Rektor Masa Transisi untuk pembayaran belanja pegawai SBM ITB.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Forum Dosen SBM ITB (FD SBM ITB) sempat menyatakan menghentikan operasionalnya mulai Selasa, (08/03/2022). Proses belajar mengajar tidak dilaksanakan secara luring maupun daring, namun, mahasiswa diminta untuk belajar mandiri. 

Di rilis itu disebutkan bahwa hal ini merupakan dampak konflik berkepanjangan setelah Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mencabut hak swakelola SBM ITB tahun 2003 tanpa pemberitahuan dan kesepakatan pihak-pihak yang berkepentingan.

Terkait dengan pengunduran diri Dekanat SBM, Reini menjelaskan bahwa pada tanggal 22 Maret 2022, Pimpinan ITB telah mengeluarkan SK Pemberhentian Dekanat SBM dan Pengangkatan pelaksana tugas (Plt.) Dekanat SBM.

Saat ini, yang menjabat sebagai Plt. Dekan adalah Jaka Sembiring, yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Plt. Wakil Dekan Bidang Akademik adalah Tjandra Anggraeni dan Plt. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya adalah Ignatius Pulung Nurprasetio. 

“Selain itu, pimpinan ITB tetap menugaskan Dekanat SBM (Dekanat lama) untuk membantu Plt. Dekanat SBM sampai 21 Juni 2022 agar proses transisi dan transformasi di internal SBM dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini ITB telah melakukan seluruh upaya terbaik untuk menjalankan seluruh program akademik agar tidak merugikan mahasiswa. Proses Pendidikan dan Operasional SBM tetap berjalan seperti biasa. ITB senantiasa menjamin dan selalu bertanggung jawab untuk menjaga kualitas pelayanan Tridarma kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya pendidikan kepada seluruh mahasiswa ITB termasuk mahasiswa SBM.

Read Next