logo

Kampus

ITB Terima 2.085 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNMPTN 2022

ITB Terima 2.085 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNMPTN 2022
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) (itb.ac.id)
Bhakti Hariani, Kampus29 Maret, 2022 20:40 WIB

Eduwara.com, BANDUNG — Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 2.085 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses, Selasa (29/3/2022) melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id atau http://snmptn.itb.ac.id.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring mengucapkan selamat pada para calon mahasiswa dan para orang tua yang anaknya berhasil diterima di ITB melalui jalur SNMPTN. 

“Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNMPTN 2022 berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Di antara 2.085 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 229 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K),” tutur Jaka dalam siaran pers yang dilansir dari itb.ac.id, Selasa (29/3/2022).

Terkait penerimaan mahasiswa di ITB Kampus Cirebon, Jaka menjelaskan bahwa ITB Kampus Cirebon menerima 52 mahasiswa asal Cirebon dan sekitarnya dari 203 total mahasiswa baru ITB Kampus Cirebon yang diterima melalui SNMPTN 2022, atau sekitar 25,6 persen. 

“Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya,” papar Jaka.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2022 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 4–13 April 2022 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2022/2023 melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh LTMPT secara nasional, serta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang diselenggarakan sendiri oleh ITB. Informasi mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.

Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), para siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2022, masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SBMPTN 2022. 

Pendaftaran calon peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2022 dapat dilaksanakan di laman https://portal.ltmpt.ac.id, mulai 23 Maret–15 April 2022. Informasi lengkap mengenai pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2022 dapat diperoleh di laman https://ltmpt.ac.id.

Read Next