logo

Kampus

Jalur SNBP 2023, Siswa Asal Yogyakarta Paling Banyak Diterima

Jalur SNBP 2023, Siswa Asal Yogyakarta Paling Banyak Diterima
Kampus UGM (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus03 April, 2023 19:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Siswa sekolah negeri asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diklaim paling banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Tercatat sebanyak 45 siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Yogyakarta diterima, kemudian SMAN 2 Yogyakarta terdapat 67 siswa yang diterima dan SMA Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 58 siswa.

Kepala MAN I Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi merinci sebanyak 25 siswa keterima di Universitas Gadjah Mada (UGM), sembilan siswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan lima siswa di Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY).

"Ada anak didik kami yang diterima di Universitas Diponegoro (Undip), kemudian di Universitas Brawijaya (UB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran dan di Universitas Sebelas Maret (UNS) masing-masing satu siswa," jelas Wiranto Prasetyahadi, Senin (3/4/2023).

Wiranto juga menjabarkan ada tiga siswa MAN I Yogyakarta yang saat ini tengah menempuh kelas Sistem Kredit Semester (SKS) selama dua tahun, di mana kesemuanya diterima di UGM lewat SNBP ini dengan jurusan berbeda.

Mereka adalah Asif Tijani Ahmad (Jurusan Matematika), Nabiila Fajar Sari (Jurusan Teknik Kimia), dan Marwa A'yunie Maulida (Jurusan Hygine Gigi). 

"Diterimanya tiga siswa tersebut menunjukkan layanan SKS di madrasah ini berhasil. Alhamdulillah, semoga tiga siswa ini tetap konsisten, dan berprestasi," harapnya. 

Bagi Wiranto, diterimanya 45 siswa di PTN ini patut disyukuri mendalam dan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika, guru dan pegawai yang telah semaksimal membimbing siswa kelas XII agar berhasil studi lanjut di perguruan tinggi.

"Bagi yang belum diterima melalui jalur SNBP, masih mempunyai kesempatan pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Ujian Mandiri," ujarnya.

Berdasarkan surat edaran Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta, Jumadi, ada 67 siswanya yang diterima di tiga universitas negeri lewat jalur SNBP 2023. Di UGM, ada 61 siswa, ITB ada 5 siswa dan UNS 1 siswa.

Ada juga 4 siswa yang diterima jalur international undergraduate program (IUP) UGM 2023, jalur talent scouting Universitas Indonesia (UI) 2 siswa, jalur beasiswa 3 siswa dan international admission 2 siswa.

Di SMA Negeri 3 Yogyakarta, ada 58 siswa diterima di UGM dan 1 di ITB. Sementara, di SMA Negeri 8 Yogyakarta, 52 siswa diterima di UGM, 1 siswa di ITB dan 1 siswa di ITS.

Read Next