logo

Kampus

Kaji Naskah Kuno Nusantara, UIN Suka Hadirkan Pusat Studi Manuskrip

Kaji Naskah Kuno Nusantara, UIN Suka Hadirkan Pusat Studi Manuskrip
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (EDUWARA/Dok. UIN Sunan Kalijaga)
Setyono, Kampus28 Januari, 2023 17:17 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Mendukung pembaharuan dokumen berbagai manuskrip yang tersimpan di perpustakaan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) menghadirkan Pusat Studi Manuskrip.

Kepala Perpustakaan UIN Suka Labibah dalam rilis yang diterima Eduwara.com, Jumat (27/1/2023) petang, menyebut kehadiran Pusat Studi Manuskrip ini akan banyak membantu mengembangkan peran perpustakaan.

"Ada banyak koleksi yang dikembangkan di perpustakaan UIN Suka dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di kampus. Ada koleksi elektronik, tercetak, digital, kekayaan SDM intelektual, ada sistem, tempat yang representatif, dan layanan," jelasnya.

Labibah mengatakan keberadaan kelengkapan produk dan fasilitas di perpustakaan UIN Suka diharapkan mampu menghadirkan dampak bertambahnya pengetahuan dan wawasan pengunjung.

"Pusat Studi Manuskrip akan menjadi wahana perubahan mindset cara berpikir agar terus meningkat. Perpustakaan juga berfungsi mendukung riset, belajar dan preservasi," lanjutnya.

Keberadaan pusat studi ini dinilai penting bagi keberadaan perpustakaan sebagai wahana untuk preservasi pengetahuan, yang akan disimpan, dipaparkan di perpustakaan, dan presentasikan.

Ke depan, hasil pengembangan akademik dari manuskrip yang dikerjakan oleh pusat studi akan disimpan di perpustakaan, diseminasikan secara berkelanjutan, serta dijaga untuk pembelajaran generasi mendatang.

"Di kerjasama ini kami, perpustakaan akan menyimpan hasil-hasil kajian manuskrip, yang kemudian diseminasikan untuk masyarakat untuk memahami kekayaan kearifan lokal nusantara," papar Labibah.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Suka Muhrisun menambahkan sebagai lembaga yang menaungi pusat studi pihaknya berkeinginan terus mengembangkan riset dan preservasi ilmu pengetahuan.

"Perpustakaan UIN Suka memiliki kelebihan kekayaan koleksi manuskripnya. Kehadiran pusat studi akan menghidupkan agenda-agenda preservasi ilmu pengetahuan," jelasnya.

Mendapatkan lokasi di Sunan Kalijaga Corner perpustakaan UIN, Pusat Studi Manuskrip ditargetkan menyelenggarakan kajian naskah kuno nusantara tiap bulan sehingga memberi manfaat bagi pengembangan keilmuan.

Read Next