logo

Kampus

Kampus Merdeka Diyakini Bisa Pacu Talenta Digital

Kampus Merdeka Diyakini Bisa Pacu Talenta Digital
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa transformasi digital merupakan sebuah batu pijakan ke masa depan untuk membangun Indonesia yang maju dan unggul. (Istimewa)
Bunga NurSY, Kampus05 November, 2021 13:31 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi optimistis program kredensial mikro seperti magang bersertifikat yang terangkum dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka bisa mendorong pertumbuhan talenta digital di tanah air.

 Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizammengatakan melalui Kampus Merdeka tentu akan dilakukan akselerasi pertumbuhan dan penyiapan talenta digital di tanah air melalui program-program microcredential. 

“Program ini terbukti sudah berhasil menghasilkan puluhan ribu mahasiswa yang tersertifikasi mulai dari bidang bidang server security, jaringan, artificial intelligence, dan sebagainya,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Kemendikbudristek, Jumat (05/11/ 2021).

Maka dari itu, Kemendikbudristek mendukung penuh penyelenggaraan Huawei ICT Competition 2021. Kompetisi tersebut diadakan untuk menggali potensi mahasiswa serta untuk membangun generasi yang bijak, cerdas dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi. 

Nizam menyampaikan bahwa ICT Competition 2021 merupakan bagian dari program Huawei Indonesia untuk mengembangkan 100.000 talenta digital Indonesia dalam waktu lima tahun ke depan. 

Huawei ICT Competition diikuti oleh 53 tim dari 24 perguruan tinggi dan 1.164 mahasiswa Indonesia telah mengikuti kompetisi tahunan TIK dari Huawei sejak empat tahun yang lalu.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa transformasi digital merupakan sebuah batu pijakan ke masa depan untuk membangun Indonesia yang maju dan unggul. 

Dalam transformasi digital ini diharapkan dapat membangun masa depan yang lebih baik sehingga melahirkan generasi yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi. 

 

Read Next