logo

Kampus

Kampus Negeri Masih Dominasi Pengelolaan Website dan Media Sosial Terbaik

Kampus Negeri Masih Dominasi Pengelolaan Website dan Media Sosial Terbaik
Kampus Negeri Masih Dominasi Pengelolaan Website dan Media Sosial Terbaik (RevoU)
Bunga NurSY, Kampus19 Agustus, 2022 16:41 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Perguruan tinggi negeri mendominasi pertumbuhan kinerja platform digital universitas se-Indonesia pada kuartal III tahun ini.

Perusahaan edutech RevoU melakukan studi terhadap pertumbuhan 30 universitas di Indonesia pada periode kuartal III/2022 di ranah digital dengan tajuk Peta Digital Universitas di Indonesia-Q3/2022.

Dalam rilis resminya, RevoU mencatat bahwa studi tersebut dibagi ke dalam empat kategori yakni jumlah pengunjung website (SimilarWeb), jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube), jumlah konten di masing-masing platform media sosial, dan strategi konten di media sosial. Data terakhir diambil pada 26 Juli 2022.

Berdasarkan hasil studi itu, universitas negeri masih mendominasi ranking 10 teratas pengunjung website bulanan dengan total 8 universitas negeri dan 2 universitas swasta. Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat 1 dengan 6,1 juta pengunjung dan Universitas Indonesia menyusul dengan 5 juta pengunjung.

Berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang dihabiskan di website universitas dengan pengunjung bulananan tertinggi yaitu UGM, UI, Binus, UB, dan ITB adalah 5,23 menit dengan UI memiliki rata-rata waktu tertinggi yaitu 6,29 menit.

UGM dan UI masih bersaing sengit untuk mendapatkan posisi utama di beberapa kategori seperti Pengunjung website bulanan #1 UGM (6.1 juta) & #2 UI (5 juta), Jumlah pengikut di Instagram  #1 UGM (890.000) & #2 UI (760.000), Jumlah pengikut di Twitter #1 UI (1.2 juta) & #2 UGM (1.1 juta), dan Jumlah pengikut di LinkedIn #1 UI (250K) & #2 UGM (180K).

Dari total 8 kategori yang di teliti, Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti, Binus University, dan Telkom University berhasil meraih peringkat top 10 di berbagai kategori mewakili universitas swasta di Indonesia.

RevoU menggunakan metode pengumpulan data dari masing-masing universitas di Indonesia berdasarkan jumlah kunjungan bulanan website mereka dan jumlah pengikut dan total konten di media sosial. Data angka di infografis dan insights dibulatkan ke angka ratusan ke atas.

Rekapitulasi hasil studi RevoU. (RevoU)

Read Next