logo

Sekolah Kita

Kemdikbudristek Tetapkan Vaksin Jadi KTI 2021

Kemdikbudristek Tetapkan Vaksin Jadi KTI 2021
Pemaparan Taklimat Media yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek)di Gedung C Kemdikbudristek yang menetapkan kata vaksin sebagai Kata Tahun Ini (EDUWARA/Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani, Sekolah Kita28 Desember, 2021 21:12 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menetapkan kata vaksin sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021. Kata vaksin mengalahkan kata presidensi, infodemik, dan krofel.

Dalam pemaparan Taklimat Media Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek yang digelar, Selasa (28/12/2021), di Gedung C Kemdikbudristek, Jakarta, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek Endang Aminudin Aziz mengatakan, kata vaksin adalah kata yang paling mendominasi sepanjang tahun 2021. 

“Penetapan vaksin sebagai KTI 2021 didasarkan pada pertimbangan yaitu popularitas dan penggunaan kata vaksin di berbagai kalangan yang dibuktikan dengan data dari Google Trends serta keluasan distribusinya,” ujar Aminudin Aziz.

Diungkap Aminudin, vaksin merupakan kata yang sudah muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sejak edisi pertama dan bukan merupakan kata baru. Kata ini kembali ramai dibicarakan di berbagai media sejak pandemi Covid-19 melanda. 

Lebih lanjut Aminudin Aziz menuturkan, popularitas kata vaksin pada tahun 2021 sangat tinggi karena sejak awal tahun pemerintah berupaya melakukan vaksinasi untuk menanggulangi Covid-19 dan melindungi masyarakat. 

“Dalam Google Trends memperlihatkan bahwa dalam satu tahun terakhir, kata ini dibincangkan di 34 provinsi di Indonesia dengan tren kenaikan di bulan Juli, melandai saat bulan November dan kembali naik di awal bulan Desember semenjak dibukanya vaksinasi untuk anak-anak,” tutur Aminudin.

Pembahasan kata vaksin di bidang bahasa, kata Aminudin, ada pada penggunaan imbuhan di- yang menyertai kata ini dalam slogan “Saya sudah divaksin”. Masih banyak yang salah menuliskan kata “divaksin” menjadi “di vaksin”. 

“Dilihat dari segi popularitas, penggunaan dan distribusinya di seluruh provinsi di Indonesia, kata vaksin merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini di tahun 2021,” ujar Aminudin.

Sebagai informasi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek pada tahun 2019 menetapkan kata milenial sebagai KTI dan kata pandemi pada tahun 2020. 

Read Next