logo

Sekolah Kita

SMP Muhammadiyah 7 Solo Adakan Lomba Retelling Story Tingkat SD Se-Soloraya

SMP Muhammadiyah 7 Solo Adakan Lomba Retelling Story Tingkat SD Se-Soloraya
Pemenang lomba Retelling Story juara I- juara harapan (berurutan dari kiri ke kanan) di SMP Muhammadiyah 7 Solo, Jumat (24/12/2021). (Eduwara.com/ M Diky Praditia)
Redaksi, Sekolah Kita28 Desember, 2021 06:00 WIB

Eduwara.com, SOLO—SMP Muhammadiyah 7 Solo mengadakan lomba Retelling Story untuk siswa tingkat SD se-Soloraya, Jumat (24/12/2021). Lomba diikuti sebanyak 19 peserta dari berbagai SD di Soloraya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMP Muhammadiyah 7 Solo, Sri Mulyono menyampaikan sekolahnya mengadakan lomba siswa tersebut dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dan mengasah kemampuan siswa-siswa SD di Soloraya.

"Kami berupaya memberikan wadah kepada siswa SD di Soloraya untuk menunjukkan bakat mereka," ungkap Sri Mulyono saat ditemui Eduwara.com seusai acara di SD Muhammadiyah 7 Solo, Jumat (24/12/2021).

Sistem perlombaan dilaksanakan secara hybrid. Hal tersebut dilakukan karena masih dalam masa pandemi. "Untuk proses seleksinya, 19 peserta mengirimkan video ke pihak kami secara online, terus kami seleksi. Selanjutnya kami pilih empat peserta terbaik," tuturnya.

Empat peserta yang dinilai terbaik, diundang untuk tampil secara langsung di SMP Muhammadiyah 7. Mereka memperebutkan juara I, II, , III dan juara harapan. Terdapat tiga juri yang menilai lomba tersebut.

"Kami juga melakukan live streaming di YouTube untuk menyiarkan perlombaan ini, jadi peserta lain juga bisa ikut menonton," kata Sri Mulyono.

Persiapan Diri

Adapun pemenang lomba Retelling Story tersebut adalah siswa SD Al Islam Gebang Solo, Raina Tazkia Paramitha yang meraih juara I, dengan perolehan nilai sebesar 1147 poin. Siswa SD Muhammadiyah Nusukan, Afiyah Hasna Izzaty meraih gelar juara II dengan nilai 1090 poin. 

Sementara itu, juara IIi disabet siswa MI UQ  Ali Bin Abi Thalib Solo, Kirani Rizki Arindra Putri dengan perolehan nilai 1074 poin. Sedangkan juara harapan jatuh kepada siswa SD Muhammadiyah 3 Solo, Danadyaksa Hide Alfarizi.

Peserta lomba Retelling Story, Raina Tazkia Paramitha sedang bercerita tentang Gagak yang Cerdas, Jumat (24/12/2021) di SMP Muhammadiyah 7 Solo. (Eduwara.com/ M Diky Praditia)

 

"Walaupun empat finalis semuanya dari SD-SD Islam, tapi sebenarnya perlombaan ini ditujukan untuk semua sekolahan SD di Soloraya. Hanya memang empat itu yang terbaik," terang dia.

Salah satu peserta lomba, Raina Tazkia Paramitha atau kerap disapa Reina mengatakan dirinya sudah mempersiapkan perlombaan ini jauh-jauh hari. 

"Saya berlatih dua sampai empat kali dalam sehari untuk mempersiapkan lomba ini. Saya senang akhirnya bisa menjadi juara I," ungkap dia.

Sri Mulyono menambahkan, dengan adanya lomba menceritakan ulang sebuah cerita menggunakan bahasa inggris itu, dapat menjadi ajang belajar siswa dan menambah pengalaman akademik anak. Selain itu, lomba tersebut juga sebagai sarana mengenalkan SMP Muhammadiyah 7 kepada masyarakat. (M Diky Praditia)

 

Editor: Riyanta

Read Next