logo

Beasiswa

Kemenag Gelontorkan Rp161 Miliar Untuk Beasiswa, Ini Ragamnya

Kemenag Gelontorkan Rp161 Miliar Untuk Beasiswa, Ini Ragamnya
Kemenag Gelontorkan Rp161 Miliar Untuk Beasiswa, Ini Ragamnya (Kemenag)
Redaksi, Beasiswa09 Juni, 2022 13:33 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Kementerian Agama melalui  Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mulai membuka pendaftaran sejumlah beasiswa pada 20222 dengan kisaran total Rp161 miliar. 

Empat skema beasiswa yang ditawarkan, terdiri atas Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah; Beasiswa Tahfiz Alquran; Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA); serta Beasiswa Adiktis dan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Suyitno mengatakan beasiswa tersebut diadakan dalam rangka memberikan apresiasi dan akses kepada anak bangsa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik tetapi berasal dari keluarga dalam kategori ekonomi rendah atau kurang mampu.

Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang itu menambahkan, pemerintah melalui Kemenag memberikan peluang beasiswa yang seluas-luasnya kepada mahasiswa PTKI.

“Ini kita buka selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang kuliah di kampus Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),” kata Suyitno seperti yang dilansir Eduwara.com, Rabu (8/6/2022) dari laman resmi Pendis Kemenag.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Syafi’I menambahkan untuk tahun 2022, Kemenag akan menggelontorkan kurang lebih Rp 161 miliar untuk sejumlah bantuan beasiswa tersebut baik yang on going maupun rekruitmen baru.

Melalui beasiswa itu, lanjut Syafi’i, diharapkan mahasiswa PTKI dapat menangkap dan memanfaatkan peluang berharga tersebut.  Sesuai dengan rencana, Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Tahfiz Alquran, dan Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) akan dibuka tanggal 6 Juni hingga 30 Juni 2022.

Di sisi lain, Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba menambahkan, khusus untuk Beasiswa KIP Kuliah, Kementerian Agama menyiapkan sebanyak 17.615 kuota dengan rincian 13.070 untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 4.545 untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

Sedangkan Beasiswa Tahfiz Alquran kurang lebih 1.000 kuota dan BPPA sekitar 3.000 kuota. Informasi lengkap mengenai ketiga beasiswa itu dapat diakses melalui pengumuman resmi Pengumuman KIP KuliahBeasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik dan Beasiswa Tahfidz Al Qur'an. (K. Setia Widodo/*)

Read Next