logo

Vokasi

Keripik Kelapa, Camilan Unik Karya Mahasiswa UNY Jelang Lebaran

Keripik Kelapa, Camilan Unik Karya Mahasiswa UNY Jelang Lebaran
Proses pembuatan keripik kelapa oleh mahasiswa KKN Vokasi UNY. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi17 April, 2023 22:12 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Mahasiswa D4 Tata Boga Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Citra Ramadhani berinovasi mengolah kelapa sebagai bahan baku utama makanan ringan keripik.

Resep dan metode pembuatan keripik kelapa ini ia tularkan ke masyarakat di Desa Bojong, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo untuk dipraktikkan menjelang Lebaran besok.

"Desa Bojong merupakan lokasi KKN Vokasi kami. Ide menjadikan kelapa muda menjadi camilan keripik ini bertujuan meningkatkan serta memajukan perekonomian masyarakat," jelas Citra, Senin (17/4/2023).

Menurut Citra olahan kelapa dipilih karena masyarakat masih belum memanfaatkan dengan maksimal atau masih menjadikannya sebagai bahan mentah. Selain itu, pengolahan menjadi keripik sangatlah mudah dilakukan sehingga bisa ditiru.

Dengan mengajak ibu-ibu yang memiliki minat dan ketertarikan pada kuliner, Citra dan timnya mengolah keripik kelapa dengan memberikan rasa baru yaitu manis gurih. Manis berasal dari gula dan gurih berasal dari kelapa dan garam.

Mahasiswa KKN Vokasi UNY bersama masyarakat Desa Bojong, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo seusai pembuatan keripik kelapa. (EDUWARA/Dok. UNY)

Kelapa Sedang

Kelapa yang digunakan yaitu kelapa sedang. Menggunakan kelapa sedang sebagai bahan baku akan berpengaruh terhadap kualitas kerenyahan keripik kelapa.

"Jika menggunakan kelapa tua, kelapa akan susah dikupas dengan peeler dan hasilnya akan keras. Sedangkan bila menggunakan kelapa muda tidak dapat dikupas karena terlalu lembut. Pembuatan keripik kelapa hanya cocok menggunakan kelapa sedang," lanjutnya.

Ketua KKN Vokasi UNY Bojong 3 Reza Al Faruqi mengatakan potensi pemanfaatan kelapa di sini sangat tinggi karena banyak pohon kelapa.

"Kegiatan pembuatan keripik kelapa ini merupakan salah satu cara menikmati kelapa selain sebagai bumbu masak, lauk serundeng atau dinikmati air kelapa mudanya," ujar Reza.

Setelah melakukan kegiatan tersebut, salah satu warga Nur Aisyah memberikan masukan terhadap hasil keripik kelapa yang telah didemonstrasikan.

"Rasanya enak, crispy, manis, dan dapat dijadikan sebagai cemilan," kata Nur Aisyah. 

Cemilan keripik kelapa ini juga disajikan dengan kemasan pouch yang memudahkan untuk dibawa dan juga label yang menarik agar bisa dijual kembali. 

Read Next