logo

Kampus

Lawan 1.300 Peserta, Bayu dari UNY Juara Desain Label Nasional

Lawan 1.300 Peserta, Bayu dari UNY Juara Desain Label Nasional
Desain karya Bayu Prihantoro, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (FBSB UNY), yang mengantarkannya menjadi pemenang favorit di ajang Good Day Gaul Creation Label Design Competition. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Kampus17 Maret, 2023 19:53 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Bayu Prihantoro, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (FBSB UNY) kembali meraih juara tingkat nasional. Kali ini, peraih juara Graphic Design Technology Asean Skills Competition XIII Tahun 2019-2020 itu menjadi pemenang favorit di ajang Good Day Gaul Creation Label Design Competition.

“Ajang kreatifitas ini setiap tahun selalu diselenggarakan. Kali ini tema yang dipilih 'Kebaikan Banyak Rasa' untuk menyambut Ramadan 2023. Di mana peserta diminta mengkreasikan desain kemasan botol," kata Bayu Prihantoro, Jumat (17/3/2023).

Sebagai ajang yang diselenggarakan untuk mendukung dan mengapresiasi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan produktif, para peserta diminta mengangkat cerita dan nilai-nilai kebaikan selama bulan Ramadan. 

Bayu mengatakan dalam karyanya, dia menggambarkan kemeriahan bulan Ramadan dengan tetap menyebarkan kebaikan, kegembiraan dan kebersamaan.

"Sesuai dengan tema, saya menampilkan suasana hangat pedesaan yang penuh keramaian antar tetangga dengan menyebarkan kebaikan dan saling berbagi satu sama lain," katanya.

Bayu Prihantoro, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY. (EDUWARA/Dok. UNY)

Keunikan

Ada dua keunikan dalam poster karya Bayu yang oleh juri tidak ditemukan pada karya lain, yaitu keceriaan berbuka puasa bersama di gardu sederhana yang penuh kebahagiaan bersama.

Tak hanya itu, adanya gambar pukulan bedug dinilai menjadi gambaran keceriaan. Saat mudik pun tidak lupa menjelang Ramadan.

Karya ini berhasil menjadi pemenang favorit setelah menyingkirkan lebih dari 1.300 peserta dan mendapatkan hadiah Rp 4 juta. Tak hanya itu, karya ini akan dipublikasikan dalam kemasan botol minuman Good Day yang dijual umum.

Selain memenangkan kompetisi ini, Bayu juga berprestasi dengan meraih medali emas pada kompetisi desain poster Pekan Seni Mahasiswa Provinsi DIY 2022 serta Juara 2 desain poster Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2022. 

Read Next