logo

Vokasi

Lewat Asisten Memasak 3 Dimensi, UNY Raih Silver Medals dan Special Award di WICE 2022

Lewat Asisten Memasak 3 Dimensi, UNY Raih Silver Medals dan Special Award di WICE 2022
Lima mahasiswa UNY lintas fakultas mampu meraih penghargaan Silver Medals dan Special Award dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2022 yang diadakan secara offline di Segi University, Kota Damansara, Malaysia, 26-30 September 2022. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi06 Oktober, 2022 01:24 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lintas fakultas mampu meraih penghargaan Silver Medals dan Special Award dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2022 yang diadakan secara offline di Segi University, Kota Damansara, Malaysia.  

WICE merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat internasional berdedikasi untuk berbagai inovasi. Tahun ini, WICE diikuti 344 tim dari 25 negara dan dilaksanakan 26-30 September 2022.

Tim UNY dinahkodai oleh Team Leader Intan Diah Kusuma dari Fakultas Pendidikan Teknik Boga dengan anggota Rifai Akris Budiarto (Pendidikan Teknik Boga), Farah Nabila Nur Afifah (Teknologi Pendidikan), Abrip Yumarsunu (Teknologi Pendidikan), dan Khansa Oktavia Sulaima (Pendidikan Bahasa Inggris).

"Kami turun di ajang kategori IT and Robotics," kata Intan, Rabu (5/10/2022).

Penghargaan silver medals dan special award diraih tim dengan membawakan inovasi teknologi, yaitu Intelligent Assistant and Internet of Things (IOT) with 3D Visual Brand as Marketing Alternatives of Fourty-Four Bakery Baking Class, atau asistensi cerdas dengan 3D visual branding untuk kelas baking dan bakery shop.

"Inovasi ini kami hadirkan sebagai upaya memperbaiki marketing dan meningkatkan omzet mitra yang terlibat dalam aplikasi forty-four," lanjut Intan.

Atas prestasi ini, Intan berharap mampu memberi motivasi dan dorongan bagi mahasiswa lainnya meningkatkan motivasi mengukir prestasi, dan inovasi. Dirinya menyatakan inovasi yang dihadirkan ini diharapkan dapat berkelanjutan sehingga membantu banyak orang yang berminat belajar baking dan menjualkan produk bakery-nya untuk ikut membantu meningkatkan ekonomi UMKM.

Dosen pembimbing Badraningsih Lastariwati bangga dengan prestasi yang diraih, terlebih mampu bersaing dengan peserta lain dari 25 negara.

"Mereka tim yang solid karena ada dari Prodi Pendidikan Tata Boga, Teknologi Pendidikan, dan Bahasa Inggris," imbuhnya.

Ke depan, dosen Boga FT UNY ini berharap para mahasiswa bisa meningkatkan motivasi, terus mengukir prestasi, berinovasi di bidang baking supaya hasilnya dapat bermanfaat bagi usaha UMKM bidang bakery.

Read Next