logo

Sekolah Kita

Lewat Karate, Dua Siswa SD Harumkan Bantul di Kancah Nasional

Lewat Karate, Dua Siswa SD Harumkan Bantul di Kancah Nasional
Aldasta Wirawidia Mangkunegara dan Darren John Worang siswa kelas VI SDN Karanggondang, Sewon membawa nama Kabupaten Bantul ke kancah nasional lewat karate. (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Sekolah Kita16 Januari, 2023 22:32 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Aldasta Wirawidia Mangkunegara dan Darren John Worang yang duduk di kelas VI SDN Karanggondang, Desa Pendowoharjo, Sewon mampu membawa nama Kabupaten Bantul ke kancah nasional. Mereka meraih prestasi membanggakan dari cabang olahraga karate.

Ditemui saat berlatih, Senin (16/1/2023) di sekolahnya, kedua siswa yang menjadi juara pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Kejuaraan Karate Nasional KASAL 2022 memimpin rekan-rekannya berlatih.

Pelatih karate SDN Karanggondang Sarjana menyebut prestasi yang diraih oleh dua anak didiknya sangat-sangat membanggakan. Pasalnya keduanya berlatih dengan tempat dan fasilitas yang terbatas.

"Kami menggunakan ruang kelas sebagai tempat latihan. Saat latihan, kami tidak menggunakan mantras karena tidak punya dan ventilasi kurang maksimal," kata Sarjana.

Ia melanjutkan, biasanya sebelum memulai latihan karate yang menjadi ekstrakurikuler unggulan SDN Karanggondang, para siswa harus menyingkirkan dahulu meja kursi yang sebelumnya digunakan untuk belajar.

"Siswa rela bergotong royong menyingkirkan meja dan kursi yang biasa untuk kegiatan belajar dan mengajar. Ini agar ruang yang terbatas ini memiliki ruang cukup untuk berlatih," katanya.

Dengan kondisi yang bisa dikatakan memprihatinkan ini, Aldasta dan Darren tidak berputus asa dalam mengasah kemampuan karatenya agar terus meningkat.

"Saya senang karena sekolah masih menyediakan tempat kosong untuk berlatih. Terlebih lagi sekolah mendatangkan pelatih untuk mengajarkan berbagai hal agar kemampuan kami semakin baik," kata Darren.

Baginya, capaian medali emas dalam kompetisi medali emas di O2SN merupakan prestasi yang membanggakan karena mampu membawa nama sekolahnya ke tingkat nasional.

Hal yang sama juga diungkapkan Aldasta. Dirinya mengaku gembira karena sekolahnya selalu memberikan kesempatan dirinya untuk terus berlatih dengan teman-temannya.

"Intinya cukup senang masih bisa berlatih dan meraih prestasi," ungkap siswi peraih medali emas Kejuaraan Karate Nasional KASAL 2022 ini.

Dirinya berharap ke depan, bisa ada penambahan fasilitas untuk berlatih karate semakin bisa lebih baik.

Pelaksana Tugas Kepala SDN Karanggondang Mugiyatmi mengakui pihaknya belum mampu menghadirkan fasilitas berlatih karate yang memadai. Sehingga para guru memutuskan untuk mengosongkan satu ruang kelas usai jam belajar untuk berlatih karate setiap hari.

"Kami komitmen meningkatkan fasilitas sekolah yang lebih baik lagi. Sehingga kemudian para siswa yang ikut dalam ekstrakurikuler karate tersebut bisa lebih maksimal dalam berlatih," ujarnya.

Terlebih dengan prestasi dua siswanya dalam kompetisi nasional, Mugiyatmi meyakini hal ini akan memancing dan mendongkrak animo siswa lainnya untuk mengikuti jenjang menekuni cabor karate. 

Read Next