logo

EduBocil

Lima TK di Gunungkidul Dapat Hibah Alat Permainan Edukatif

Lima TK di Gunungkidul Dapat Hibah Alat Permainan Edukatif
Lima TK di Gunungkidul Dapat Hibah Alat Permainan Edukatif (Humas Gunung Kidul)
Setyono, EduBocil21 Oktober, 2022 15:50 WIB

Eduwara, JOGJA – Sebanyak lima taman kanak-kanak (TK) yang tersebar di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan hibah Alat Permainan Edukatif (APE) dari Pemkab Gunungkidul. Total nilai APE yang diserahkan mencapai Rp124 juta.

Penyerahan kepada perwakilan lima TK ini dilaksanakan pada Jumat (21/10/2022) di TK Negeri Wonosari langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul Nunuk Setyowati.

Dalam keterangannya, Nunuk menyatakan sumber dana pengadaan APE berasal dari Dana Alokasi Khusus 2022 dengan total kontrak  Rp124,8 juta.

"Daftar penerimanya yaitu TK Negeri Nglipar, TK Negeri Ponjong, TK Negeri Semanu, TK Negeri Tanjungsari, serta TK Negeri Wonosari yang masing-masing mendapat satu paket APE yang terdiri dari 28 jenis barang," jelasnya.

Nunuk menyatakan keberadaan APE ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik di masing-masing TK untuk meningkatkan kualitas agar mampu meraih status sekolah rujukan,

"Dengan adanya alat ini harapannya dapat menjadikan anak-anak yang kuat sehat dan berakhlak," katanya.

APE ini dinilainya akan membantu anak didik mendapatkan perkembangan yang lebih baik dari pendidikan yang diterimanya. Sebab APE yang diserahkan memuat lima unsur nilai dalam program Merdeka Belajar yakni nilai agama, moral, kemampuan berbahasa, kognitif, dan motorik.

Kepala Sekolah TK Wonosari Sumarti selaku penerima bantuan mengaku terbantu hadirnya APE ini. Karena ini akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar serta mendukung Merdeka Belajar yang sedang digalangkan pemerintah.

"Lewat APE ini anak-anak didik kami dapat meningkatkan kreativitas, kognitif serta motorik anak," tutupnya. 

Read Next