logo

Gagasan

LPP Agro Nusantara Fokus Bangun Manajemen SDM Komoditi Gula Pasir

30 November, 2023 21:58 WIB
LPP Agro Nusantara Fokus Bangun Manajemen SDM Komoditi Gula Pasir
SEVP Operation LPP Agro Nusantara Pugar Indriawan saat menjadi pembicara di Human Capital Insight Festival 2023 di Yogyakarta, Kamis (30/11/2023). LPP Agro Nusantara yang merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ikut bergerak dalam menyiapkan SDM dan sistem manajemen agar harga komoditi perkebunan seperti gula pasir dan minyak goreng bisa stabil. (EDUWARA/Dok. LPP Agro Nusantara)

Eduwara.com, JOGJA - Terus naiknya harga komoditas gula pasir menjadikan LPP Agro Nusantara memfokuskan diri pada pengembangan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) di tingkat hilir. Sebagai antisipasi ke depan, LPP Agro Nusantara yang merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ikut bergerak dalam menyiapkan sumber daya dan sistem manajemen agar harga komoditi perkebunan seperti gula pasir dan minyak goreng bisa stabil.

"Ada dua produk komoditi yang sangat politis, minyak goreng dan gula pasir. Maka, tugas kami memastikan kebutuhan masyarakat dengan gula dan minyak goreng terpenuhi. Kita fokus di situ," papar SEVP Operation LPP Agro Nusantara, Pugar Indriawan di sela Human Capital Insight Festival 2023 di Yogyakarta, Kamis (30/11/2023).

Menurut Pugar, memiliki 24 anak perusahaan yang salah satunya fokus dalam pengembangan komoditi gula pasir hingga ke tingkat hilir, LPP Agro Nusantara mencoba membangun sistem manajemen dan SDM.

LPP Agro Nusantara ingin memastikan kualitas dan kapasitas SDM di lingkup perkebunan Indonesia berada pada level yang baik. Diharapkan hal itu bisa membawa dampak ikutan seperti produktivitas komoditi gula pasir dan minyak goreng yang meningkat dan jaminan kualitas. Dengan demikian kelangkaan dua komoditi tersebut tidak akan terjadi.

"Kami ingin memastikan bagaimana orang yang ada di tempatnya adalah orang yang kompeten. Ketika kompeten harapannya naik semua kualitasnya, ya produktivitasnya ya kualitas produknya, ya perusahaannya secara keseluruhan," paparnya.

Pugar menambahkan, memiliki tugas dan fungsi sebagai Corporate University di bidang perkebunan, LPP Agro Nusantara berupaya memberikan ilmu yang dimiliki untuk mengembangkan industri lain di DIY dan sekitarnya. Di antaranya melalui pelatihan pengolahan kompetensi, asesmen talenta sesuai kompetensi, konsultasi pengembangan SDM dan sistem lain. 

"Ke depan, ini akan menjadi agenda rutin untuk memantapkan fungsi kami sebagai Corporate University," tutupnya.

Read Next