logo

Vokasi

Mahasiswa Tata Boga UNY Ciptakan Pie Mocaf bagi ABK

Mahasiswa Tata Boga UNY Ciptakan Pie Mocaf bagi ABK
Pie Mocaf Toping Fla Ubi Kuning (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi01 Juli, 2022 23:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Mahasiswa prodi D4 Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rifqi Alauddin, menghadirkan kudapan pie bertopping fla. Pie berbahan baku mocaf ini dikombinasikan dengan fla dari ubi kuning.

"Tepung mocaf atau Modified Cassava Flour berasal dari singkong yang diolah kembali dengan menggunakan enzim fermentasi asam laktat (ragi). Tepung mocaf ini dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu," kata Rifqi, Jumat (1/7/2022).

Digabungkan dengan ubi kuning yang diketahui banyak mengandung gizi dan memiliki gula alami yang lebih banyak dari kentang, tetapi dengan jumlah kalori yang lebih sedikit, sehingga aman dikonsumsi.

Ubi kuning juga dapat mengendalikan dan mengontrol gula dan tekanan darah, juga dapat mengurangi risiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Saya juga gabungkan tepung mocaf ini dengan tepung terigu untuk mengurangi kandungan glutennya," terang Rifqi.

Menurutnya, pie mocaf ubi kuning tersebut lezat dan aman dikonsumsi bahkan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) karena kandungan protein pada tepung mocaf hanya 1,2 persen dibandingkan dengan tepung terigu yang ada pada kisaran 8-13 persen.

Seperti diketahui, anak berkebutuhan khusus (ABK) diharuskan menghindari makanan yang mengandung gluten (tepung) dan kasein (susu) untuk mencegah penyakit pada pencernaan, kekebalan tubuh dan perilaku mereka. 

"Pie ini juga menjadi alternatif kudapan dengan bahan lokal yang mudah didapatkan di sekitar DIY," tutupnya.

Read Next