logo

Vokasi

Mahasiswa UNY Berkesempatan Magang Kerja di Wuling Motor

Mahasiswa UNY Berkesempatan Magang Kerja di Wuling Motor
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkesempatan magang kerja di PT Wuling Motor Indonesia. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi11 April, 2023 22:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkesempatan magang kerja di PT Wuling Motor Indonesia. Kerja sama magang ini diharapkan mampu mengatasi tiga hambatan yang saat ini dihadapi industri otomotif asal China ini.

Ketua Pelaksana dari UNY, Ibnu Siswanto mengatakan terdapat lima bidang pekerjaan yang dikerjakan mahasiswa magang yaitu training Teknisi, training Service Advisor (SA), training Service Manager, training Spare Part, dan training Customer Care.

“Kegiatan lain yang dikerjasamakan adalah pengembangan Learning Management System (LMS), pengembangan media animasi untuk mobil listrik Wuling, training teknisi dan customer care, magang industri serta praktisi mengajar di kampus,” papar Ibnu Siswanto, Selasa (11/4/2023).

Tim Matching Fund UNY juga mendapatkan kesempatan untuk training di bidang teknisi dan customer care. Materi pelatihan yang diberikan meliputi pengenalan produk kendaraan listrik yang dikembangkan tim Garuda UNY, dasar-dasar perawatan dan perbaikan kendaraan.

Sedangkan untuk customer care, diberikan materi tentang bagaimana menghadapi pelanggan dan bagaimana menyiapkan diri mulai dari cara berpakaian, merias diri, dan gestur tubuh.

"Selain itu, Tim Matching Fund UNY juga menyampaikan materi tentang transformasi digital yang berisi tentang perubahan berbagai macam layanan yang berbasis digital serta optimalisasi data-data digital yang dapat dipergunakan untuk menentukan produk layanan yang tepat untuk konsumen," terangnya.

Nantinya, lanjut Ibnu, peserta magang terdiri dari tujuh mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Otomotif dan satu dari prodi Tata Rias UNY. Para mahasiswa ini akan mendapatkan kesempatan mengikuti magang untuk memberikan pengalaman secara langsung kegiatan dan juga atmosfer suasana kerja di industri yang harus bekerja dengan target dan batas waktu tertentu.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman untuk melakukan inovasi yang mungkin dilakukan dalam rangka improvement di dunia kerja. Industri mendapatkan manfaat berupa adanya SDM mahasiswa yang dapat membantu kegiatan di industri. Selain itu, keberadaan mahasiswa magang memberikan manfaat dengan inovasi yang dilakukan.

Read Next