logo

Kampus

Mau Kuliah di UNJ? Cek Dulu Daya Tampungnya Di Sini

Mau Kuliah di UNJ? Cek Dulu Daya Tampungnya Di Sini
Tabel Daya Tampung Universitas Negeri Jakarta Tahun 2022 (https://www.unj.ac.id)
Bhakti Hariani, Kampus06 Maret, 2022 06:29 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menyiapkan daya tampung untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2022. Hal ini disosialisasikan melalui Surat Keputusan Rektor UNJ Nomor 62/UN39/HK.02/2022 Tentang Persentase Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana UNJ 2022.

Sosialisasi yang dilakukan secara daring tersebut menetapkan daya tampung Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022 sebesar 25 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 45 persen, dan Seleksi Mandiri sebesar 30 persen.

Sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto dan Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ Suyono.

Dilansir dari laman resmi UNJ, Jumat (4/3/2022), Suyono menuturkan, pada tahun 2022 UNJ akan menerima 5.040 calon mahasiswa baru jenjang Sarjana melalui tiga jalur yaitu, SNMPTN, SBMPTN, dan Penmaba Mandiri. Jumlah program studi yang dibuka sebanyak 62 Program Studi, 19 Saintek dan 43 kelompok Soshum.

“Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dikelola oleh LTMPT. Sedangkan keterlibatan UNJ sebagai salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),” ujar Suyono.

Lebih lanjut dikatakan Suyono, untuk pelaksanaan UTBK di UNJ, pihaknya menyediakan 1.100 komputer. Lokasinya berada di kampus Rawamangun dan di sekolah-sekolah mitra yang terdekat dari kampus UNJ. 

Sedangkan untuk Penmaba Mandiri UNJ, ujian tulis akan diadakan pada 16 Juli 2022, setelah pengumuman SBMPTN. “Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di penmaba.unj.a.c.id,” kata Suyono.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi UNJ yang turut aktif dalam menyosialisasikan info terkait penerimaan mahasiswa baru. “UNJ menjadi salah satu PTN yang paling banyak pendaftaran seleksinya,” kata Budi.

Daya Tampung

Diketahui, berdasarkan laman resmi UNJ, daya tampung SBMPTN UNJ tahun 2022 untuk Program Studi (Prodi) Psikologi adalah yang terbanyak yakni 108 mahasiswa. Sedangkan di tempat kedua ditempati oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yakni sebesar 102 mahasiswa.

Prodi ketiga yang memiliki daya tampung terbanyak adalah Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi Manajemen serta Pendidikan Guru PAUD sebanyak 72 mahasiswa. Prodi Pendidikan Jasmani dan Proid Akuntansi menempati posisi keempat dengan menyediakan daya tampung sebesar 54 mahasiswa. 

Sedangkan Prodi Bahasa Arab berada di posisi kelima dengan daya tampung sebanyak 45 mahasiswa. Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Prodi Manajemen Pendidikan, Prodi Sastra Indonesia memiliki daya tampung di peringkat keenam dengan 41 mahasiswa. 

Prodi mana yang kamu pilih? Ayo siapkan dirimu agar bisa diterima di Prodi yang kamu impikan di UNJ. Selamat berjuang. Semoga berhasil, ya. 

Read Next