logo

Idea

Maudy Ayunda: Isu Prioritas Presidensi G20 Relevan dengan Millenial

Maudy Ayunda: Isu Prioritas Presidensi G20 Relevan dengan Millenial
Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda dalam Media Brief bersama Juru Bicara G20 yang berlangsung virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (07/04/2022). (Kemenkominfo)
Bunga NurSY, Idea08 April, 2022 07:51 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Tiga isu prioritas yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia yakni arsitektur Kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan dinilai sangat relevan dengan kehidupan anak muda.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda dalam Media Brief bersama Juru Bicara G20 yang berlangsung virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (07/04/2022).

Menurut Maudy Ayunda, tiga isu prioritas tersebut akan menjadi warisan bagi generasi milenial dan generasi Z ke depan, terutama pada isu prioritas transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan.

“Energi berkelanjutan atau energi bersih itu kita membicarakan dunia yang memang akan diwariskan kepada kita anak-anak muda dan digital transformation juga sangat relevan. Jadi memang harus ada keterlibatan dan keinginan untuk menjadi bagian dari diskusi-diskusi besar ini,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (07/04/2022).

Maudy menekankan arti penting keterlibatan dan peran generasi milenial dan generasi Z dalam setiap pembahasan dan diskusi selama kepemimpinan Indonesia. Menurutnya, materi bahasan tidak hanya memiliki kepentingan nasional maupun internasional, tetapi juga secara personal.

“Kalau buat saya pribadi sebagai milenial juga, banyak pesan-pesan yang ingin saya sampaikan lewat forum ini, salah satunya sebenarnya ingin memotivasi dan menginspirasi anak-anak muda untuk ingin tahu. Dalam berbagai kesempatan dan di platform (media sosial), saya selalu mengangkat rasa ingin tahu dan saya menjadi warga negara yang memang ingin berpartisipasi dan aktif,” tuturnya.

Sebagai generasi milenial, Maudy Ayunda bertekad untuk tidak sekadar aktif memberikan kontribusi kepada negara, namun juga lebih membuka diri atas wawasan dan informasi. Termasuk update terbaru mengenai diskusi penting dalam Presidensi G20 Indonesia yang harus menjadi prioritas personal untuk anak-anak muda. “Jadi karena saya juga menggunakan media sosial untuk berkomunikasi, mungkin dengan secara lebih aware dengan menunjukkan konsepnya lewat media sosial,” jelasnya.

Strategi Komunikasi

Dalam kesempatan itu, Maudy Ayunda menjelaskan strategi komunikasi yang akan dilakukan bersama tim juru bicara. Menurutnya, komunikasi aktif mengenai penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia akan disampaikan setiap minggu.

“Kalau soal strategi komunikasi memang ada beberapa format yang juga sudah kita diskusikan. Pastinya akan ada komunikasi setiap bulannya, setiap minggunya di mana akan lebih terstruktur saya menjelaskan apa saja agenda-agenda dan apa saja yang sudah didiskusikan dan dibahas selama beberapa minggu terakhir,” jelasnya.

Maudy Ayunda menjelaskan mengenai objektivitas informasi yang dikemas melalui konten yang menarik agar dengan mudah dicerna oleh masyarakat luas.

“Kita juga tetap akan menggunakan platform media sosial dan platform saya agar tetap bisa bertemu dengan teman-teman milenial dan gen Z,” ujarnya.

Maudy berharap tugas utama dalam menyampaikan informasi ke masyarakat luas khususnya kepada milenial dan generasi Z dapat tersampaikan dengan baik dan pelaksanaan komunikasi publik Presidensi G20 Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

“Untuk hal-hal yang spesifik, teknis dan substantif itu memang dalam G20 ini banyak sekali topik yang dibahas. Ada Sherpa Track, Finance Track, ada juga jubir-jubir lain dalam area-area yang juga akan menyampaikan ke masyarakat,” tandasnya.

Read Next