logo

Sains

Meriahkan Moto GP Mandalika, BRIN-BRIDA Gelar Pameran Inovasi

Meriahkan Moto GP Mandalika, BRIN-BRIDA Gelar Pameran Inovasi
Meriahkan Moto GP Mandalika, BRIN-BRIDA Gelar Pameran Inovasi (BRIN)
Bunga NurSY, Sains18 Maret, 2022 05:36 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) turut memeriahkan ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan menggelar NTB INOVTEK EXPO 2022 yang berlangsung pada 18 – 20 Maret 2022. 

Plt. Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BRIN Hardi Julendra mengatakan, pameran inovasi ini merupakan event yang mendukung gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

“Event ini menjadi ajang yang strategis untuk memperluas akses produk inovasi, teknologi, dan produk unggulan daerah sekaligus memperkuat citra produk yang dihasilkan oleh Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia di mata dunia, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI),” kata Julendra seperti dikutip dari siaran pers BRIN, Kamis (17/3/2022).

Dalam event ini, BRIN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB melalui BRIDA menampilkan hasil riset dan inovasi unggulan terbaru, yang mencakup beberapa fokus bidang riset dan inovasi. Fokus bidang tersebut diantaranya Kesehatan dan Obat, Energi Baru dan Terbarukan, Transportasi, Pangan dan beberapa bidang lainnya.

Julendra menambahkan, selain sebagai upaya memperkenalkan, mendorong dan mengoptimalkan pemanfaatan hasil riset dan inovasi kepada masyarakat luas, keikutsertaan BRIN dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 diharapkan  dapat menarik minat para pelaku bisnis atas hasil riset dan inovasi yang telah dihasilkan. 

“Untuk tercapainya tujuan dan sasaran yang optimal, pada NTB INOVTEK EXPO 2022, BRIN menghadirkan dua kegiatan penting yakni pameran dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi (PRI) Corner dalam bentuk Business Matching,” tambahnya.

Pada expo ini adalah produk hasil riset dan inovasi BRIN yang dihadirkan telah memiliki lisensi dan telah dikolaborasikan dengan industri yang terbagi dalam tiga sektor yakni transportasi, kesehatan dan obat, dan sektor UMKM dan pangan.

Dijelaskan Julendra, keikutsertaan BRIN dan BRIDA dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat ekosistem riset dan inovasi (termasuk meningkatkan jejaring antar pelaku riset dan inovasi, kolaborasi antara pihak pengguna dan penyedia teknologi), baik secara nasional maupun global.

Dengan mengusung tema Merdeka Inovasi Membangun Untuk Negeri, Julendra berharap kehadiran riset dan inovasi ini menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan kekinian di masyarakat. 

“Event ini juga diharapkan sebagai upaya peningkatan produktivitas, serta efisiensi biaya dan waktu di sektor usaha melalui pemanfaatan teknologi, yang selanjutnya secara agregat diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing perekonomian nasional,” harapnya.

Kepala BRIDA NTB Wirawan mendukung kegiatan pameran inovasi yang diselenggarakan di wilayahnya. Event pameran ini dapat dijadikan sarana mendekatkan riset dan inovasi kepada masyarakat khususnya di wilayah NTB.

Pihaknya, ujar Wirawan, telah memastikan pelaksanaan NTB INOVTEK EXPO 2022 berjalan lancar. “Terkait dengan persiapan NTB INOVTEK EXPO 2022, di kawasan BRIDA NTB yang menjadi salah satu klaster pendukung MotoGP 2022, telah dalam tahap koordinasi akhir untuk memastikan titik-titik lokasi pameran, seminar, serta hiburan rakyat dan pasar murah, serta acara dapat berlangsung dengan lancar,” kata Wirawan.

Mengingat pelaksanaan kegiatan ini masih dalam masa pandemi, Wirawan berpesan kepada semua pihak baik panitia maupun pengunjung  tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Read Next