logo

EduBocil

MIN 2 Sukoharjo Laksanakan BIAS Kedua

MIN 2 Sukoharjo Laksanakan BIAS Kedua
Pelaksanaan BIAS Kedua di MIN 2 Sukoharjo (EDUWARA/Dok. Kemenag Sukoharjo)
Redaksi, EduBocil27 November, 2022 01:51 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Kedua, Selasa (22/11/2022). Imunisasi kedua dilakukan di tiga kampus yaitu Joho, Jetis, serta PKTQ MIN 2 Sukoharjo dan diperuntukkan bagi seluruh siswa-siswi kelas I, II dan V.

BIAS merupakan program pemerintah yang diadakan dua kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Program BIAS dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD/Madrasah terhadap penyakit tertentu.

Vaksin DT diberikan kepada anak usia di bawah 7 tahun untuk mencegah difteri dan tetanus, dan diberikan kepada anak kelas I. Vaksin DT diberikan kepada anak dan orang dewasa, usia 11-64 tahun, untuk mencegah tetanus, difteri, dan batuk rejan. Vaksin DT diberikan kepada remaja dan dewasa untuk mencegah tetanus dan difteri bagi anak kelas II dan V siswa dan siswi.

Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati menjelaskan imunisasi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mencegah penyakit seperti campak rubella, polio, dan lain sebagainya.

“Mengimunisasi anak sangat penting. Tanpa imunisasi, penyakit sangat menular seperti campak, difteri dan polio, yang sudah pernah dinyatakan berhasil diberantas di banyak negara, dapat kembali menyebar,” jelas Wiretnoningsih Nurhayati seperti dilansir Eduwara.com, Sabtu (26/11/2022), dari laman Kemenag Sukoharjo.

Dalam pelakanaan BIAS, MIN 2 Sukoharjo bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Sukoharjo dalam pelaksanaan imunisasi TD dan DT. 

Wali Kelas I E, Aminah mengatakan siswa dan siswi yang ikut imunisasi dalam kondisi baik dan sehat. "Semoga dengan adanya imunisasi ini juga bisa melindungi anak dari penyakit-penyakit tertentu," harap dia.

Bagi siswa yang berhalangan untuk mengikuti imunisasi, maka bisa mengikuti imunisasi susulan di Puskesmas pada waktu yang telah ditetapkan. Bagi siswa kelas I, pemberian BIAS merupakan yang terakhir, karena anak kelas I sudah melakukan imunisasi untuk kedua kalinya.

Kepala Kordinator Humas MIN 2 Sukoharjo, Gunawan menerangkan secara keseluruhan proses imunisasi berjalan dengan baik dan lancar baik dilihat dari petugas maupun dari peserta imunisasi.

“Alhamdulillah Tim dari Puskesmas yang terdiri dari dokter dan nakes tiba di Madrasah sekitar pukul 07.30 WIB sehingga pelaksanaan imunisasi bisa selesai sebelum pukul 11.00. Tentunya banyak sekali ekspresi dari siswa dan siswi yang mengikuti BIAS hari ini. Ada yang senang, ada juga yang ketakutan bahkan sampai nangis karena takut disuntik," pungkas dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next