logo

Sekolah Kita

MIN Solo Laksanakan Pembekalan Psikologi untuk Siswa

MIN Solo Laksanakan Pembekalan Psikologi untuk Siswa
Pembekalan psikologi bagi siswa kelas IV, V, dan VI MIN Solo. (EDUWARA/Dok. Kemenag Solo)
Redaksi, Sekolah Kita26 Desember, 2022 22:00 WIB

Eduwara.com, SOLO – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Solo menyelenggarakan Pembekalan Psikologi untuk siswa kelas IV, V, dan VI, baru-baru ini. Pembekalan yang mengusung tema ‘Karaktermu Menentukan Masa Depanmu: Jaga Penggunaan HP, Jaga Mata dan Jaga Pertemanan’ itu menggandeng Lembaga Psikologi Anava dan diisi oleh Bunda Maya Savitri.

Kepala Madrasah, Anik Ustadah dalam sambutannya menyampaikan, pembekalan psikologi yang dilaksanakan tentunya memiliki tujuan bagi siswa, sehingga mereka wajib mengikuti dengan saksama serta fokus.

"Pembekalan psikologi ini tentunya memiliki tujuan yang baik untuk siswa kelas IV, V, dan VI MIN Surakarta, yaitu diharapkan dapat membekali siswa mulai hari ini, saat liburan, hingga sampai masuk sekolah kembali untuk menjalani kehidupan yang baik dan sehat sebagai siswa yang sholeh dan sholehah. Jadi ikutilah kegiatan ini dengan saksama dan fokus,” ujar Anik Ustadah seperti dilansir Eduwara.com, Senin (26/12/2022), dari laman Kemenag Solo.

Dalam kesempatan itu, Bunda Maya mengisi materi dengan bermain konsentrasi dilanjutkan materi pembekalan psikologi bagi siswa. Permainan konsentrasi dia dilakukan untuk mengaktifkan otak kanan dan otak kiri supaya seimbang.

Sesuai tema, Maya memberi pembekalan dengan membahas mengenai bullying hingga dampak penggunaan gadget. Dijelaskan, kata lain dari bullying ialah perundungan.

"Beberapa bentuk bullying di antaranya mengatakan yang tidak menyenangkan atau memanggil seseorang dengan julukan yang buruk. Menjauhi orang lain dari suatu kelompok. Memukul, menendang, atau menyakiti orang lain secara fisik, dan menyebarkan fitnah supaya orang lain tidak menyukai seorang teman," jelas dia.

Lebih lanjut, para siswa terlihat antusias mengikuti pembekalan tersebut. Mereka selalu merespon Maya saat melontarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai bahasan yang sedang disampaikan.

Gadget, sambung Maya, merupakan teknologi canggih untuk dimanfaatkan pada era saat ini. Tentunya memiliki dampak negatif dan juga dampak positif bagi penggunanya.

"Dampak positif dari penggunaan gadget antara lain memperlancar komunikasi dengan seseorang yang tidak berada di dekatnya, memudahkan mengakses informasi, sarana hiburan, menambah wawasan, dan mempengaruhi status sosial," ungkap dia.

Namun, lanjut Maya, penggunaan gadget juga berdampak negatif, beberapa di antaranya yaitu penurunan konsentrasi dan daya ingat, kemampuan menganalisa menurun. Kemudian memengaruhi kestabilan emosi seperti menjadi mudah tersinggung, dan bahaya radiasi yang dapat menimbulkan penyakit epilepsi.

Penggunaan gadget hingga kecanduan, dapat membuat siswa menjadi tidak terbiasa dengan tantangan dan kesulitan karena kemudahan akses segala informasi yang diperoleh melalui gadget.

"Sehingga diharapkan mulai hari ini dan detik ini, siswa MIN Solo bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget dan bijak dalam bersikap sehingga tidak timbul tindakan bullying," harap dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next