logo

Kampus

Bisnis Hijab Mahasiswi UAD Ini Sukses Dilirik P2MW

Bisnis Hijab Mahasiswi UAD Ini Sukses Dilirik P2MW
Bisnis Hijab Mahasiswi UAD Ini Sukses Dilirik P2MW (Istimewa)
Setyono, Kampus26 Desember, 2022 15:33 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Lewat bisnis penjualan hijab, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk pendampingan bisnis lewat Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022.

P2MW adalah program pengembangan, pendampingan dan pemberian modal bagi wirausaha mahasiswa dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Berawal dari sebuah bisnis rumahan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Baiq Ananda Putri memutuskan membawa bisnisnya ke Daerah Istimewa Yogyakarta seraya dirinya berkuliah di Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat UAD.

"Dengan merk 'Baiq Hijab', usaha yang berdiri awal 2020 ini sekarang digawangi dua rekan mahasiswa lainnya.  Nabila Wulandari bidang penjualan dan Baiq Dwi Zulfa Rahmawati keuangan merangkap sekretaris," kata Baiq, Senin (26/12/2022).

Mendapatkan bimbingan dari dosen UAD, Caraka Putra Bhakti, Baiq Hijab menghadirkan ciri khas tersendiri dalam produksinya, yakni hijab dengan motif desain melengkung dan bertema psikologi.

Selain itu Baiq Hijab memiliki kualitas dalam setiap pengemasannya, yakni berupa mini boks. Sedangkan untuk bahan dasar produk, Baiq Hijab menggunakan bio plastic yang tentu saja ramah lingkungan.

"Sisa kain dari hasil produksi Baiq Hijab kami sumbangkan ke salah satu desa wisata di Kampung Sitisewu guna dimanfaatkan untuk pernak-pernik dan aksesori, sehingga kain sisa produksi sama sekali tidak menjadi limbah," jelas Baiq.

Dengan menargetkan pasar wanita remaja, Baiq Hijab menggunakan media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, dan aplikasi belanja daring. Selain menggunakan media daring Baiq Hijab juga turut melakukan pemasaran dengan melibatkan diri melalui pengadaan bazar di berbagai kegiatan.

Sebelum mendaftarkan diri dan lolos pendanaan P2MW terhitung sejak Oktober 2021 hingga Juli 2022, Baiq Hijab telah mengalami peningkatan omzet penjualan, sehingga setelah mendapat bantuan dari P2MW omzet penjualan Baiq Hijab kian melambung tinggi.

Untuk pelatihan dan pembinaan yang telah didapatkan Baiq Hijab sampai sejauh ini ialah berupa peningkatan keterampilan dalam mengelola keuangan, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), penjualan, dan foto produk. Berkat P2MW, Baiq Hijab saat ini memiliki jaringan mitra, strategi usaha, dan sumber daya yang cukup baik dan itu semua memiliki prosedur yang sangat jelas karena tercatat melalui Memorandum of Understanding (MoU).

Memiliki motto "Scarft with Love", Baiq Hijab dalam citanya akan terus berusaha untuk menciptakan inovasi produk yang didasari dengan kenyamanan dan cinta. Baiq berharap dengan bisnis yang dirintis bersama teman-temannya, kelak usahanya itu bisa menginspirasi dan menghadirkan manfaat yang besar.

"Semoga apa yang kami lakukan bisa menginspirasi dan memberikan manfaat kepada teman-teman yang ingin berwirausaha. Kami mengharapkan doa dan dukungan dari semua kalangan agar Baiq Hijab bisa terus berkembang dan lebih baik lagi," tutupnya.

Read Next