logo

EduBocil

PAUD Generasi Maju Dibuka Kembali di Taman Pintar

PAUD Generasi Maju Dibuka Kembali di Taman Pintar
Pemkot Yogyakarta membuka kembali wahana PAUD Generasi Maju di Taman Pintar pasca tutup tutup dua tahun penuh. Bekerja sama dengan Danone Indonesia, wahana ini akan menjadi ruang publik tumbuh kembang anak. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, EduBocil01 Juli, 2022 22:44 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Pemerintah Kota Yogyakarta resmi membuka kembali wahana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di obyek wisata Taman Pintar pasca tutup sementara dua tahun penuh. Wahana ini akan menjadi ruang publik tumbuh kembang anak.

Bekerja sama dengan Danone Indonesia, pembukaan PAUD yang dinamakan 'Generasi Maju' berlangsung pada Jumat (1/7/2022). Bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional, juga diluncurkan program 'Isi Piringku Yogyakarta'.

Pejabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengapresiasi kontribusi Danone mendukung pemerintah membawa kesehatan masyarakat melalui program-program pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi. Salah satunya dengan mendukung sarana dan prasarana edukasi Zona PAUD di Taman Pintar ini. 

“Perlu diketahui sejak 2006, Danone telah pendukung keberadaan sarana edukasi di sini," kata Sumadi.

Pada 2022 ini, Danone Indonesia membantu proses renovasi dan pembaharuan alat peraga interaktif dengan mengangkat nilai kesehatan dan kelestarian lingkungan. Program ini dirancang ulang agar sejalan program Pemkot Yogyakarta memajukan pendidikan dan kesehatan, khususnya anak-anak usia dini.

"Kami berharap wahana ini dapat melengkapi upaya pemerintah dalam menyiapkan ruang publik yang mendukung tumbuh kembang anak," lanjut Sumadi.

Pembangunan PAUD Generasi Maju, yang dibagi dua yaitu Timur dan Barat, menjadi sarana bermain serta belajar dan upaya mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, dan motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar.

"Sekarang PAUD ini dilengkapi alat peraga interaktif untuk memperkenalkan pengetahuan kesehatan, gizi seimbang, dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) tanpa meninggalkan konsep bermain," lanjutnya.

PAUD Timur untuk motorik anak terdiri dari, ruang ragam istiadat, playground (aktivitas fisik), robotik, musik, Panggung Budaya serta ruang Sahabat Ibu dan Anak.

PAUD Barat untuk memicu fungsi kognitif terdiri dari ruang edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku), balok susun, arena bermain bertema perkotaan, pemadam kebakaran.

One Planet One Health

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menegaskan pengembangan PAUD Generasi Maju ini sejalan dengan visi 'One Planet One Health'.

"Danone percaya bahwa kesehatan manusia dan kesehatan planet saling berkaitan," ujarnya.

Mempersiapkan pendidikan yang baik bagi anak sejak usia dini merupakan fondasi untuk mempersiapkan generasi maju di masa depan. Penanaman cinta lingkungan dan pemahaman pentingnya gizi dan kesehatan baik dilakukan sejak dini.

Selain menghadirkan PAUD Generasi Maju yang menerapkan interactive learning, Danone juga menyosialisasikan kampanye 'Isi Piringku' bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai mitra.

"Di Yogyakarta, kami bermitra dengan Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi (One Earth) untuk mendukung pemerintah, salah satunya dalam upaya penurunan angka stunting," paparnya.

Pada 2021, situasi pandemi menjadi alasan kuat Danone Indonesia menggiatkan edukasi Isi Piringku agar anak-anak tetap terpenuhi kebutuhan gizi seimbangnya. Edukasi tahun 2021 ini telah menyasar 2.269 PAUD/TK dari 6 Provinsi, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Bali, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta dengan 3.941 guru, 49.982 siswa, dan 49,979 orang tua penerima manfaat.

Read Next