logo

Vokasi

Pendaftaran Mahasiswa Baru Sudah Dibuka, PEM Akamigas Tawarkan Lima Prodi Unggulan

Pendaftaran Mahasiswa Baru Sudah Dibuka, PEM Akamigas Tawarkan Lima Prodi Unggulan
Wisudawan PEM Akamigas berfoto di Kampus PEM Akamigas. (EDUWARA/Istimewa)
Redaksi, Vokasi29 Maret, 2022 06:35 WIB

Eduwara.com, BLORA – Tahapan penerimaan mahasiswa baru Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Tahun Akademik 2022/2023 telah dibuka. Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Maret 2022 dan akan ditutup pada 15 April 2022.

Wakil Direktur 1 PEM Akamigas, Erdila Indriani, mengatakan pada Tahun Akademik 2022/2023, PEM Akamigas membuka kuota bagi mahasiswa baru sebanyak 300 orang berlatar belakang lulusan SMA/MA IPA dan SMK Teknik dengan tahun lulus selambat-lambatnya 2020 hingga 2022. 

“Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu. Pada tahun ini, PEM Akamigas sepenuhnya sudah menggunakan aplikasi Selena atau Seleksi Nasional. Jadi calon peserta melakukan proses pendaftaran melalui aplikasi Selena. Semuanya online, mulai pendaftaran, pembayaran, hingga proses ujiannya nanti,” jelas Erdila Indriani dalam keterangan resmi yang dikirimkan ke Redaksi Eduwara, Senin (28/3/2022).

Erdila juga menjelaskan bahwa pada tahun ini tidak ada kenaikan biaya, baik biaya pendaftaran maupun uang kuliah tunggal (UKT) yang diterapkan. 

“Masih tetap, ada beasiswa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah 3T dan kurang mampu. Tentunya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan,” jelas Erdila.

Pada Tahun Akademik 2022/2023, PEM Akamigas membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk lima program studi (Prodi) dengan kuota 300 orang yang terbagi di masing-masing Prodi. Kelima Prodi tersebut adalah Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang, dan Logistik Minyak dan Gas. 

Erdila menambahkan, mahasiswa yang berkuliah di PEM Akamigas akan dibekali dengan sertifikat lolos uji kompetensi sesuai dengan keilmuan masing-masing program studi, sertifikasi lolos uji kompetensi K3, dan sertifikat uji bahasa Inggris/TOEFL. 

“Semua ini akan sangat berguna bagi mahasiswa, di saat mereka lulus dan akan masuk ke dunia kerja terutama industri migas. Jadi alumni PEM Akamigas sudah tidak akan diragukan lagi kompetensinya, terutama di industri migas. Terbukti banyak alumni kita yang langsung diterima industri migas nasional maupun internasional. Yang pasti, PEM Akamigas akan selalu siap untuk mewujudkan energi untuk negeri yang unggul,” lanjut Erdila.

PEM Akamigas merupakan perguruan tinggi vokasi yang menganut sistem pembelajaran full day school dan berasrama. “Jadi antara teori dan praktik perbandingannya adalah 40:60, lebih banyak praktiknya. Lulusannya nanti akan bergelar Sarjana Terapan (S.Tr) yang setara dengan Strata 1,” imbuhnya.

Seluruh persyaratan yang diperlukan bagi para pendaftar mahasiswa baru di PEM Akamigas telah diatur dalam Surat Edaran Nomor 01.Ed/DL.10.03/BPP/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Tahun Akademik 2022/2023. Bagi calon pendaftar bisa mengunjungi website selena.akamigas.ac.id untuk informasi yang lebih lengkap. (*)

Read Next