logo

EduBocil

Begini Polosnya Pertanyaan Anak SDIT Al-Khairaat ke Anggota DPRD DIY

Begini Polosnya Pertanyaan Anak SDIT Al-Khairaat ke Anggota DPRD DIY
Bersama empat gurunya, 69 siswa SDIT Al-Khairaat Kota Yogyakarta berkunjung ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (28/3/2022). (Eduwara/Setyono)
Setyono, EduBocil28 Maret, 2022 12:41 WIB

Eduwara.com, JOGJA—Bersama empat gurunya, 69 siswa SDIT Al-Khairaat Kota Yogyakarta berkunjung ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (28/3/2022). 

Saat sesi tanya jawab, terlontar pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga, lugas, namun juga menggelitik khas pertanyaan-pertanyaan anak-anak yang masih polos. 

"Bagaimana cara Anggota DPRD menyelesaikan persoalan rakyat?", tanya salah seoarang siswa.  Sementara siswa lainnya bertanya "Bagaimana cara rakyat menyampaikan aspirasi kepada anggota DPRD?". 

Tugas anggota DPRD juga tidak luput ditanyakan oleh siswa, dan tidak kalah menarik ketika ada siswa yang bertanya apa yang akan terjadi jika tidak ada anggota DPRD.

Guru pendamping dalam kunjungan itu Heni menjelaskan tujuan ke lapangan selama satu jam ini untuk mengenal fungsi dan peran lembaga-lembaga yang ada di pemerintahan.

"Dengan kegiatan ini anak-anak bisa langsung mengenal dan faham sekaligus mendekatkan mereka dengan anggota DPRD, bukan sekedar tahu dari gurunya atau dari buku", ungkap Heni.

Menurutnya, salah satu pelajaran penting yang diharapkan didapatkan oleh siswa-siswa adalah proses berjuang dibutuhkan untuk meraih sukses.

Berlangsung pukul 08.00 -09.00 WIB, rombongan diterima oleh Sekretaris Komisi D Sofyan Setyo Darmawan dan Muhammad Syafi'i selaku Anggota Komisi A.

Sofyan menambahkan kegiatan-kegiatan  seperti ini harus lebih digalakkan dan dicontoh oleh sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan anak lainnya. 

"Anak-anak adalah generasi penerus kita, yang ke depannya akan berperan atau berkontribusi di pemerintahan dan masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini bisa lebih banyak lagi diselenggarakan, tentu bukan hanya kunjungan ke DPRD tapi juga ke lembaga-lembaga pemerintahan lainnya," pesan Sofyan. 

Sofyan mengapresiasi kunjungan siswa-siswa SDIT Al-Khairaat. Dirinya berharap agar di usia dini anak-anak sudah tidak asing dengan lembaga-lembaga pemerintahan.

Read Next