logo

Kampus

Perpustakaan UMY Raih Juara I FPPTMA 2023

Perpustakaan UMY Raih Juara I FPPTMA 2023
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi juara 1 Kategori Website Terbaik dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah Awards (FPPTMA) 2023. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus24 Februari, 2023 21:14 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi juara 1 Kategori Website Terbaik dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah Awards (FPPTMA) 2023.

FPPTMA merupakan serangkaian acara Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (SILASMA) 2023.

"Kategori Website Terbaik ini diikuti 22 peserta yang tergabung dalam FPPTMA seluruh Indonesia. Acara dimulai sejak akhir tahun 2022 hingga awal Februari 2023 dengan puncak acara pada 21-23 Februari 2023 yang dilaksanakan di Lombok," kata Kepala Perpustakaan UMY Novy Diana Fauzie, Jumat (24/2/2023).

Novy tidak menyangka jika pihaknya mampu menjadi juara pertama karena menjelang perlombaan tidak ada persiapan khusus. Pasalnya, website perpustakaan dikembangkan secara berkala disesuaikan dengan kebutuhan sivitas akademika UMY.

"Kebutuhan untuk kemudahan dosen dan mahasiswa memperoleh informasi dan layanan dengan efektif dan efisien," ujarnya.

Website Perpustakaan UMY dibangun dan dikembangkan atas dasar kerja sama antara Perpustakaan UMY dan Lembaga Sistem Informasi (LSI UMY) pada tahun 2019. Perkembangan website ini mengalami penyesuaian dengan kebutuhan sivitas akademika UMY.

"Sampai saat ini kita terus mengembangkan website. Ada beberapa agenda lanjutan ke depannya. Saat ini juga sedang dibangun desain website yang baru lagi untuk perbaikan dan persiapan menuju akreditasi perpustakaan berikutnya di tahun 2025 mendatang," tambahnya.

Novy berharap perpustakaan UMY dapat mendukung kinerja universitas sebagai research university dengan lebih baik lagi. Lalu, dapat juga menyediakan informasi terkait artikel jurnal, software serta layanan pendukung, seperti pustakawan sebagai partner penelitian.

Di ajang ini terdapat beberapa kriteria pemenang Kategori Website Terbaik pada FPPTMA Awards meliputi Arsitektur Web, Design Interface, Content Management, Security serta Search Engine Operation (SEO).

Perpustakaan UMY unggul dalam kelima poin penting penilaian Kategori Website Terbaik dalam FPPTMA Awards, dengan total poin 1404. Penjurian ini dilakukan oleh tiga juri yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Pontianak dan dua juri dari Universitas Muhammadiyah Malang. 

Read Next