logo

Sekolah Kita

PPDB 2024 Yogyakarta Masih Berdasarkan Nilai ASPD

PPDB 2024 Yogyakarta Masih Berdasarkan Nilai ASPD
Siswa kelas IX di sebuah SMP/MTs di Kota Yogyakarta sedang mengikuti ASPD yang diselenggarakan mulai Senin-Rabu (13-15/5/2024). Perolehan nilai ASPD masih menjadi pertimbangan dalam PPDB 2024 di DIY. Karena itu, sekolah harus memastikan seluruh siswanya mengikuti ASPD. Sedangkan untuk siswa luar yang ingin bersekolah di DIY, Disdikpora DIY akan menggelar ASPD pada 30 dan 31 Mei 2024. (EDUWARA/Dok. Pemkot Yogyakarta)
Setyono, Sekolah Kita15 Mei, 2024 20:53 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Nilai Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) siswa masih menjadi pertimbangan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Suhirman mengatakan pelaksanaan ASPD bertujuan mendapatkan data sekunder perihal peningkatan mutu pendidikan.

“ASPD juga mampu menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu demi memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik,” terang Suhirman, Rabu (15/5/2024).

Dengan alasan inilah, lanjut Suhirman, nantinya dalam PPDB 2024, nilai ASPD akan menjadi pertimbangan. Karena kebijakan ini pula, Disdikpora DIY meminta pada ASPD yang dilaksanakan di tingkat SMP/MTs mulai 13-15 Mei 2024, sekolah harus memastikan seluruh siswanya mengikuti asesmen tersebut.

Suhirman menambahkan ASPD untuk SMP/MTs atau sederajat meliputi materi literasi membaca, literasi numerik, dan literasi sains. Sedangkan untuk siswa luar yang ingin bersekolah di DIY, Disdikpora DIY akan menggelar ASPD pada 30 dan 31 Mei 2024.

Sedangkan untuk pelaksanaan teknis PPDB 2024, pihaknya saat ini menunggu terbitnya Peraturan Gubernur DIY. Namun Disdikpora DIY memastikan daya tampung dari SMA/SMK negeri maupun swasta memadai untuk menerima siswa lulusan tahun ajaran 2023/2024 di DIY.

“Kuotanya itu lebih dari jumlah lulusan SMP di DIY. Mereka bisa masuk SMA/SMK tapi tidak harus memilih yang negeri," katanya.

Sementara dari pantauan pelaksanaan ASPD bagi kelas IX di Kota Yogyakarta, anggota Forum Pemantau Independen (FORPI) Baharuddin Kamba, menilai  segala kesiapan telah dilakukan sekolah maupun orang tua.

“FORPI Kota Yogyakarta mengingatkan agar semua pihak terkait agar senantiasa mengedepankan nilai-nilai kejujuran selama pelaksanaan ujian ASPD berlangsung,” ucapnya.

Fasilitas bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga telah disiapkan sehingga tidak ada diskriminasi dalam pemberian layanan bagi ABK.

Informasi dari pihak Disdikpora Kota Yogyakarta bahwa ada sebanyak 7.344 peserta ujian ASPD untuk tahun 2024 ini, baik sekolah negeri maupun swasta.

Read Next