logo

Kampus

Pulang ke ISI Yogyakarta, Juara Indonesian Idol 2023 Langsung Garap Tugas Akhir

Pulang ke ISI Yogyakarta, Juara Indonesian Idol 2023 Langsung Garap Tugas Akhir
Lukisan diri Salma Salsabil Aliyyah terpampang di depan Gedung Rektorat ISI Yogyakarta, Senin (29/5/2023). Atas prestasinya menjuarai Indonesia Idol, Salma mendapatkan konversi sebanyak 20 SKS dan berhak mengerjakan tugas akhir (TA) kuliahnya. (EDUWARA/Dok. ISI Yogyakarta)
Setyono, Kampus29 Mei, 2023 21:20 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Usai menjuarai ajang Indonesian Idol 2023, Salma Salsabil Aliyyah berhak langsung mengerjakan tugas akhir (TA) kuliahnya di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Atas prestasi yang diraih di ajang nasional ini, ISI Yogyakarta memang memberikan konversi SKS kepada Salma sebanyak 20. Penambahan ini menjadikan Salma memenuhi angka kredit minimal untuk mengerjakan TA.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, Suryati menerangkan Salma yang tengah menempuh kuliah di semester enam ini telah merampungkan angka kredit sebanyak 110 SKS.

"Di semester enam ini, dia tengah mengambil 12 SKS dengan mengikuti kuliah secara online. Ketika dijumlahkan semua perolehan SKS ditambah dengan konversi, maka menjadikan total SKS yang sudah ditempuh Salma sebanyak 142 SKS," jelas Suryati, Senin (29/5/2023).

Suryati membantah berita yang menyatakan setelah menjuari Indonesia Idol tahun ini, Salma akan dinyatakan lulus. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban setiap mahasiswa, baik yang mendapatkan prestasi atau tidak, untuk mengerjakan TA sebagai tanggung jawab perkuliahan.

Dengan total 142 SKS yang telah dijalani Salma, maka jumlah ini melebihi angka minimal SKS yang harus ditempuh agar bisa mengerjakan TA yaitu 132.

"Kami nantinya akan meminta Salma untuk mengerjakan laporan mengenai keikutsertaanya di Indonesian Idol. Seluruh pengalaman dan pengamatannya selama mengikuti ajang ini harus dijadikan skripsi," kata Suryati.

Pembantu Rektor I, Stepanus Hanggar Budi Prasetya mengatakan keikutsertaan Salma dalam ajang besar ini merupakan penjabaran dari konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Kami hanya menyediakan perangkat hukumnya, khususnya terkait dengan capaian prestasi mahasiswa kami selama mengikuti MBKM. Ada delapan bidang yang ditawarkan oleh MBKM," jelasnya.

Salma Salsabil, menjuarai Indonesian Idol 2023, mengalahkan Nabila Taqqiyah dalam babak Grand Final Result & Reunion pada Senin (22/5/2023). Salma berhasil mengalahkan pesaingnya, dengan akumulasi hasil voting pemirsa. Salma tampil dengan membawakan lagu "Just The Way You Are" yang dipopulerkan Bruno Mars.

Read Next