logo

Vokasi

Teliti Limbah Tempurung Kelapa, Tim Azure PEM Akamigas Raih Juara Pertama Riset Expo 2023

Teliti Limbah Tempurung Kelapa, Tim Azure PEM Akamigas Raih Juara Pertama Riset Expo 2023
Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Azure PEM Akamigas meraih juara pertama dalam kompetisi tingkat nasional bertajuk Riset Expo 2023 yang diselenggarakan HMTK Universitas Diponegoro, Sabtu (20/5/2023). Dibimbing Tun Sriana, Tim Azure mengusung karya berjudul “Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa (Cocos Nucifera) sebagai Karbon Katalis pada Produksi Hidrogen dengan Reaksi Korosi Aluminium.” (EDUWARA/Dok. PEM Akamigas)
Redaksi, Vokasi22 Mei, 2023 22:09 WIB

Eduwara.com, BLORA – Sebanyak empat mahasiswa Prodi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas yang tergabung dalam Tim Azure berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi tingkat nasional bertajuk Riset Expo 2023 yang diselenggarakan HMTK Universitas Diponegoro, Sabtu (20/5/2023).

Beranggotakan Zahru Wilda P, Lian Safitri, Mulianur Rizki dan Raihan Fakhri, dalam kompetisi tersebut Tim Azure mengusung karya berjudul “Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa (Cocos Nucifera) sebagai Karbon Katalis pada Produksi Hidrogen dengan Reaksi Korosi Aluminium.”

Tun Sriana selaku dosen pembimbing Tim Azure menilai keempat mahasiswa tersebut mempunyai semangat luar biasa, mulai dari proses pembuatan paper sampai dengan pembuatan prototipe. Mereka juga intens berdiskusi untuk menyempurnakan dan menggali ide-ide baru pada setiap proses yang ada pada penelitiannya. 

“Kegagalan saat melakukan penelitian sering terjadi tetapi mereka tidak pantang menyerah dengan terus mencoba sampai berhasil,” kata Tun Sriana, dalam rilis, Senin (22/5/2023).

Tak hanya itu, Tun Sriana juga menilai bahwa hal yang membuat Tim Azure bisa meraih predikat juara pertama adalah kerja keras dan semangat pantang menyerah.

“Prototipe yang mereka buat itu sangat detail, dari plant untuk proses pembuatan H2 sampai dengan SPBU dan pemanfaatannya untuk kendaraan bermotor. Hal ini menjadi poin yang menunjukkan bahwa mereka memang memahami penelitian dari hulu sampai dengan hilir,” katanya.

Riset Expo merupakan kegiatan pameran produk atau teknologi hasil penelitian mahasiswa Teknik Kimia Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan secara berkala oleh HMTK Universitas Diponegoro. 

Pada 2023 ini, Riset Expo dilaksanakan secara offline dan mengambil tema “Building a Green Economy with Innovative Strategic Utilization of Natural Resources and Renewable Energy.”

Selain PEM Akamigas dengan Tim Azure yang berhasil menjadi juara pertama, Riset Expo 2023 juga mengganjar Universitas Diponegoro dengan predikat juara kedua. Sedangkan predikat juara ketiga diraih Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (*)

Read Next