logo

Kampus

Raih Akreditasi Unggul, Prodi Pendidikan Matematika UMM Pacu Mahasiswa Lulus Tujuh Semester

Raih Akreditasi Unggul, Prodi Pendidikan Matematika UMM Pacu Mahasiswa Lulus Tujuh Semester
Mahasiswa UMM Prodi Pendidikan Matematika tengah beraktivitas di kampus. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus23 Mei, 2022 20:44 WIB

Eduwara.com, MALANG — Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapatkan akreditasi Unggul, lewat revitalisasi kurikulum, serta peningkatan kualitas dan kompetensi SDM dosen.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMM, Adi Slamet Kusumawardana, mengatakan proses mencapai akreditasi Unggul sudah dipersiapkan sejak 2018 lalu. Saat itu pihaknya berhasil mendapatkan akreditasi A.

Untuk  mempertahankan dan mempersiapkan proses akreditasi selanjutnya, lanjut Adi, dilakukan lewat revitalisasi kurikulum dan peningkatan kualitas SDM dosen. Dengan begitu, Prodi Matematika UMM mampu melahirkan para pendidik yang profesional serta dapat mendorong dan membantu mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu.

"Kurikulum prodi kami ini dirancang untuk mendorong mahasiswa bisa selesai dalam tujuh semester. Kemudian juga ditunjang dengan program-program prodi yang mempercepatnya, baik dalam akademik dan nonakademik, seperti program Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS)," ujar Adi, Senin (23/5/2022).

Program KISS, jelas Adi, memberi kesempatan mahasiswa untuk mulai mengerjakan karya ilmiah sejak semester tiga dengan harapan, pada semester tujuh mereka sudah bisa melakukan publikasi artikel yang kemudian dikonversi menjadi nilai skripsi.

"Program ini sudah diberlakukan sejak 2018 lalu hingga hari ini. Alhamdulillah, sudah ada lebih dari 50 mahasiswa lulus lewat jalur ini dan hanya dalam waktu tujuh semester," ungkap Adi.

Akreditasi Internasional

Pada proses pengusulan akreditasi, menurut Adi, ada beberapa problem yang dihadapi. Salah satunya, ada beberapa dosen yang masih menunggu Surat Keputusan (SK) jabatan fungsional.

Padahal sumber daya manusia menjadi salah satu penilaian penting dalam akreditasi. Hal itu juga berakibat pada diundurnya pengajuan akreditasi.

Sejalan dengan capaian akreditasi Unggul yang diraih Prodi Pendidikan Matematika, Adi berharap, civitas akademika semakin bersemangat untuk memberikan layanan dan berkarya dengan lebih baik dan terus memberikan dorongan agar prodi Pendidikan Matematika bisa lebih percaya diri serta termotivasi untuk mencapai akreditasi internasional. 

Begitupun dengan mahasiswa dan para alumni yang didorong untuk berkiprah di tingkat yang lebih tinggi. Apalagi dengan bekal-bekal yang sudah diberikan oleh kampus.

"Tentu kami ingin agar para lulusan prodi Pendidikan Matematika UMM dapat menjadi SDM yang berkompeten. Saya juga ingin agar prodi kami ini semakin dikenal sebagai prodi unggul, berkualitas dan menjadi tujuan para calon mahasiswa untuk melanjutkan studi. Apalagi dengan rencana besar akreditasi internasional yang sudah dicanangkan," ujarnya.

Read Next