logo

Gagasan

Revitalisasi Pendidikan Vokasi di Yogyakarta, Tema Besar Rapimda Kadin DIY

09 Februari, 2023 00:32 WIB
Revitalisasi Pendidikan Vokasi di Yogyakarta, Tema Besar Rapimda Kadin DIY
Sekretaris Rapimda 2023 KADIN DIY, Tim Apriyanto (EDUWARA/K. Setyono)

Eduwara.com, JOGJA - Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadikan revitalisasi pendidikan vokasi sebagai isu besar yang diusung dalam pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) pada 3-4 Maret 2023.

Tema ini dinilai sesuai dengan kondisi keterbatasan sumber daya alam, sementara pendidikan vokasi di Yogyakarta fokus pada peningkatan kemampuan individu.

Sekretaris Rapimda 2023 KADIN DIY, Tim Apriyanto, mengatakan tema yang diusung ini sesuai dengan semangat yang diusung dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

"Revitalisasi pendidikan vokasi yang fokus pada peningkatan kemampuan individu, akan memberikan dampak besar pada perekonomian DIY yang memang memiliki keterbatasan pada sumber daya alam," kata Tim Apriyanto, Rabu (8/2/2023).

Sebagai langkah awal revitalisasi pendidikan vokasi, bersamaan dengan pembukaan Rapimda pada 3 Maret 2023, KADIN DIY menghadirkan Badan Hilirisasi Industri di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM).

Sebagai dukungan terhadap program ini, Tim juga menegaskan pihaknya siap mengajak kalangan pengusaha merevitalisasi program kerjanya untuk diakselerasikan dengan kinerja ekspor, investasi dan pariwisata.

"KADIN DIY juga berusaha untuk menyelaraskan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY dengan trend market di Australia," ujarnya.

Tim menjelaskan, tahun 2023 ini, Indonesia menjadi Ketua Asean yang diproyeksikan bisa memiliki dampak yang baik untuk peningkatan perekonomian daerah dan negara.

"Kita temanya presidensi Asean kan? Jadi bagaimana kemudian kita mengambil momentum presidensi Asean ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan ekonomi," tutur dia.

Read Next