logo

Sekolah Kita

Robot Sumo Siswa MAN 1 Yogyakarta Rebut Juara Nasional

Robot Sumo Siswa MAN 1 Yogyakarta Rebut Juara Nasional
Siswa MAN 1 Yogyakarta, Dhesta Zhafran Purnawan, saat menerima penghargaan sebagai juara ketiga dalam Lomba Robotech #10 Electrical Shockwave 2022 yang diselenggarakan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah (UMY) Yogyakarta, di Kampus UMY, Selasa (29/3/2022). Dua karya robotic Dhesta, berupa robot sumo berjaya di kategori 'Robot Sumo'. Kategori lain yang dilombakan adalah Line Follower. (EDUWARA/Istimewa)
Setyono, Sekolah Kita02 April, 2022 22:51 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dalam ajang nasional Lomba Robotech #10 Electrical Shockwave 2022 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), siswa MAN 1 Yogyakarta kelas XI MIPA 2 Muhammad Dhesta Zhafran Purnawan meraih juara ketiga.

Dua karya robotiknya, berupa robot sumo berjaya di kategori 'Robot Sumo' yang diselenggarakan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada Selasa (29/3/2022). Kategori lain yang dilombakan adalah Line Follower.

"Kategori robot sumo menjadi pilihan karena kriteria yang disyaratkan tidak sulit. Robot yang ikut lomba bertanding dengan mendorong robot lain keluar arena permainan maDies Natalis Ke-29, ITS PKU Muhammadiyah Solo Komitmen Ciptakan Lulusan Unggul

Raihan juara ini, menurut Dhesta, merupakan capaian yang terbaik. Pasalnya, persiapan mengikuti perlombaan ini hanya dua hari. Ini disebabkan dirinya yang masih membagi fokus perhatian untuk ajang perlombaan yang lain.

Mengenai kesulitan dalam jalannya lomba, Dhesta mengaku ada pada lawan yang sangat tangguh. Mereka memiliki robot yang jauh lebih kuat dan lebih mahal harganya.

Prestasi ini mengulang prestasi Dhesta pada ajang yang sama sekitar 5 tahun lalu. Kala itu, putra pasangan Muhammad Wahyudi dan Lindarti berhasil meraih juara saat masih kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Bagi Dhesta, dunia robotik memang menjadi lingkungan yang tak bisa dipisahkan dalam hidupnya. Ia ingin suatu saat robot ciptaannya dapat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya.

"Motivasi saya terjun di dunia robotik agar suatu saat nanti dapat membuat robot yang bisa mempermudah dan mempercepat kerja manusia, terutama pada bidang pertanian dan industri," ujar Dhesta menjelaskan impian mulianya.

Read Next