logo

EduBocil

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Lepas 114 Siswa

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Lepas 114 Siswa
Pelepasan Siswa-Siswi Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Tahun Pelajaran 2021/2022 di Hall Room Lorin Hotel, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (21/5/2022). (EDUWARA/Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo)
Redaksi, EduBocil21 Mei, 2022 22:58 WIB

Eduwara.com, SOLO – Sebanyak 114 siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo mengikuti Pelepasan Siswa-Siswi Kelas VI Tahun Pelajaran 2021/2022 di Hall Room Lorin Hotel, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (21/5/2022).

Acara tersebut dihadiri Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Solo Tridjono, Ketua Komite Harminto dan Kartono. Turut hadir pula Pengawas Gugus RA Kartini Korwil III Tri Winarni.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Sri Sayekti mengatakan acara itu sebagai apresiasi atas belajar siswa.

“Acara ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras siswa belajar sungguh-sungguh selama enam tahun. Acara pelepasan ini pertama kalinya secara luring setelah dua tahun pandemi. Sebelumnya kita melaksanakan secara virtual dan drive thru,” ujar dia seperti siaran pers yang diterima Eduwara.com, Sabtu (21/5/2022).

Sayekti menambahkan, dalam acara itu sekolah kembali memasrahkan siswa kelas VI ke pangkuan orang tua. Meskipun telah dilepas, namun tetap harus menunggu pengumuman resmi kelulusan dan masih harus terus berdoa agar dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan. 

“Hal ini bukanlah mudah. Hari ini hadir 144 siswa beserta orang tua, yang insya Allah mudah-mudahan lulus 100 persen dengan nilai yang memuaskan. Insya Allah pengumuman kelulusan tanggal 15 Juni 2022 dan tanggal 17 Juni 2022 pembagian berkas,” kata dia.

Akhlak Luhur

Dalam kesempatan itu, Sri Sayekti juga berpesan kepada seluruh siswa untuk tetap teguh memegang agama, etika, dan akhlak luhur di tengah era global.

“Kita hidup di era global, berkat kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. Informasi apapun dapat kita ketahui walaupun berada dalam kamar. Pegang teguhlah agama, etika, akhlak yang luhur. Jangan sampai kalian terseret olah arus budaya yang merusak nilai-nilai keelokan yang dijunjung tinggi oleh agama kita,” pesan Sayekti.

Prosesi pelepasan dilaksanakan dengan penyebutan satu per satu nama siswa untuk menuju panggung guna mengikuti pengukuhan oleh Kepala Sekolah serta Wali Kelas VI A, B, C, dan D.

Dengan iringan gamelan yang dipandu pengendang cilik Gibran Maheswara Javas Setyawan, kebahagiaan terasa memenuhi seisi ruangan. Guru, orang tua, serta wisudawan wisudawati turut terhibur dengan hadirnya Batik Carnival yang diperagakan Aisyah dan Bregada Drumband.

Adapun serah terima siswa dari sekolah ke wali siswa diwakili Nurochman, yang merupakan orang tua Muhammad Faris Baihaqi. Sedangkan pamitan siswa disampaikan oleh siswa kelas VI A, yaitu Zalfa. Sedangkan pesan kesan dari adik kelas disampaikan oleh perwakilan kelas V A, yaitu Aqila Hananisa.

Zalfa mengungkapkan betapa senangnya berkumpul bersama teman-temannya di akhir Sekolah Dasar sekaligus menjadi bagian di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo.

”Alhamdulillah, bisa menjadi bagian dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan, mengenal teman-teman yang luar biasa, guru-guru yang penuh ilmu dan perhatian serta kasih sayang, juga doa orangtua yang tidak pernah berhenti untuk anak-anaknya,” ujar dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next