logo

EduBocil

Sekolah Dasar Se-Kota Solo Serentak Laksanakan Ujian Sekolah

Sekolah Dasar Se-Kota Solo Serentak Laksanakan Ujian Sekolah
Pelaksanaan Ujian Sekolah SDN Cemara Dua No.13, Banjarsari, Solo, Selasa (19/4/2022). (Eduwara.com/K. Setia Widodo)
Redaksi, EduBocil19 April, 2022 22:45 WIB

Eduwara.com, SOLO – Seluruh satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) Kota Solo serentak menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) pada Senin—Kamis (18/4/2022-21/4/2022). Pelaksanaan ujian dilakukan secara luring dengan tetap menaati protokol kesehatan. 

Sistem ujian menjadi kewenangan masing-masing satuan Pendidikan.

Sebagai salah satu satuan pendidikan dasar di Kota Solo yang terletak di Kecamatan Banjarsari, SDN Cemara Dua No.13 juga melaksanakan Ujian Sekolah. Setelah melaksankan latihan Ujian Sekolah beberapa waktu yang lalu, para siswa kelas VI akhirnya melaksanakan Ujian Sekolah yang sebenarnya. Kepala Sekolah, Eni Idayati mengatakan secara garis besar antara latihan dan ujian yang sebenarnya tidak ada yang berbeda.

“Secara garis besar tidak ada yang berbeda. Prosedur pelaksanaan, pengawas, dan pesertanya tidak ada yang berubah,” kata dia ketika diwawancarai Eduwara.com, Selasa (19/4/2022) di Ruang Sekretariat Ujian.

Guru pengawas ujian, sambung Ida, berasal dari sekolah masing-masing. Hal tersebut merupakan kesepakatan seluruh sekolahan di Kecamatan Banjarsari. Selain itu juga mempertimbangkan masih dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga menjadi kehati-hatian akan risiko apabila mendatangkan guru pengawas dari pihak luar.

Walaupun diawasi guru setempat, Ida menegaskan pihaknya tetap menjunjung tinggi kejujuran saat ujian. “Prestasi yes, jujur harus. Bukan berarti siswa diawasi gurunya sendiri kemudian perlakuannya lebih bebas. Kami tetap menegakkan aturan,” tegas dia.

Terkait dengan beban soal, Ida mengatakan sudah disamakan dengan kompetensi dan standar yang harus diselesaikan. Tingkat kesulitan soal juga disesuaikan dengan presentase proporsi soal yang merujuk kepada kaidah penulisan yang telah disepakati antara Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas VI SD se-Kecamatan Banjarsari, Solo.

Sampai hari kedua, pelaksanaan Ujian Sekolah di SDN Cemara Dua No.13 berjalan lancar. Para guru wali kelas senantiasa mengingatkan kepada siswa agar datang tepat waktu.

Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun ada beberapa siswa yang merasa agak lelah atau mengantuk karena pukul 03.00 WIB sudah bangun. Apalagi di ruangan suasananya hening, tidak ada aktivitas selain mengerjakan soal, tetapi kalau istirahat sudah segar kembali,” ujar dia.

Jebres

Sementara itu, salah satu sekolah dasar di Kecamatan Jebres yakni SDN Pucangsawit No. 119 juga melaksanakan Ujian Sekolah. Pengawasan ujian di sekolah tersebut menerapkan silang gugus.

“Satu gugus ada 13 SD dan saling tukar guru pengawas. Jadi tidak diawasi guru sekolah masing-masing, karena biasanya kalau diawasi guru sendiri kadang-kadang siswa menyepelekan. Jika diawasi guru sekolah lain kan menambah semangat ujian walaupun dalam keadaan puasa,” ujar Kepala SDN Pucangsawit No. 119, Saryanto kepada Eduwara.com, Senin (18/4/2022) di Ruang Kantornya.

Lebih lanjut, teknis pelaksanaan ujian tetap menaati aturan yang berlaku, yakni disesuaikan dan diselenggarakan oleh sekolah masing-masing. Saryanto menambahkan, kisi-kisi soal disusun di tingkat kota dengan menghadirkan perwakilan guru-guru yang mumpuni. Kemudian kisi-kisi tersebut diserahkan ke sekolah dan guru masing-masing sekolah membuat soal.

Pelaksanaan ujian di hari pertama di SDN Pucangsawit berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala yaitu tiga siswa agak terlambat. “Ya karena puasa ada tiga siswa agak terlambat. Walaupun tidak sampai terlambat total, tapi kami tetap khawatir,” terang dia. (K. Setia Widodo)

Read Next