logo

EduBocil

Senam 3M ABC Ajak Anak Bergerak Aktif

Senam 3M ABC Ajak Anak Bergerak Aktif
Contoh gerakan senam dalam Kampanye 3M ABC ((Jogjaaja.com))
Ida Gautama, EduBocil07 November, 2021 21:40 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Anak-anak dianjurkan untuk bergerak aktif di sekolah. Aktivitas gerak tersebut salah satunya dengan melakukan gerakan Senam 3M ABC. Senam ini merupakan bagian dari Kampanye 3M ABC dan sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dalam memahami pentingnya 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak) dan memenuhi ABC (Asupan Nutrisi, Bergerak Aktif dan Ceria) untuk melawan Covid-19.

Anjurandari  Kemdikbudristek tersebut disampaikan Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemdikbudristek Dra Sri Wahyuningsih MPd pada peluncuran Kampanye 3M ABC oleh Kemdikbudristek bersama dengan Kalbe Consumer Health.

"Semoga Kampanye 3M ABC ini memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda penerus bangsa," kata Sri Wahyuningsih.

Kampanye 3M ABC merupakan bentuk dukungan Kemdikbudristek bersama dengan Kalbe Consumer Health terhadap penerapan protokol kesehatan dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Tahun Ajaran Baru 2021/2022. Kampanye juga bertujuan untuk mengedukasi siswa Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC.

Kampanye 3M ABC mencakup program nasional dan program dukungan lainnya. Pada program nasional, Kemdikbudristek bersama Kalbe Consumer Health didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), membuat materi kampanye berupa video Gerakan Senam 3M ABC yang menyenangkan, mudah dilakukan dan diingat oleh anak-anak, buku manual senam dan e-poster yang akan didistribusikan ke 149.000 SD di seluruh Indonesia.

Kegiatan lainnya adalah pelatihan untuk tenaga pendidik di bawah jejaring Kemdikbudristek dan pemberian dukungan berupa multivitamin Sakatonik ABC kepada 100 sekolah dasar di Indonesia.

"Kami merekomendasikan gerakan senam 3M ABC untuk dilaksanakan menyeluruh, untuk siswa-siswi kelas 1- 6 sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara klasikal," kata Sri Wahyuningsih.

Lebih Optimal

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari SpKO, agar tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak.

"Anak-anak dianjurkan untuk melakukan senam ini secara rutin minimal 10-12 minggu untuk mendapatkan manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kelenturan, mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak; serta melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang (osteoporosis) dan lain-lain,” paparnya.

Leny menambahkan gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para dokter spesialis kesehatan olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC. Gerakan Senam 3M ABC ini juga mudah diterapkan dan menyenangkan bagi anak-anak. Berdurasi 12 menit, gerakan senam 3M ABC dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. 

Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati mengatakan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal pada anak. Dalam menghadapi PTM terbatas, orang tua perlu memastikan anak-anak patuh protokol kesehatan 3M serta menjalankan gaya hidup ABC dengan menjaga asupan nutrisi yang cukup, bergerak aktif setiap hari dan tetap ceria.

"Kampanye 3M ABC merupakan bentuk komitmen Kalbe Consumer Health, melalui brand kami Sakatonik ABC, dalam mendukung Kampanye 3M dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas oleh Pemerintah. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak Indonesia, melalui Sakatonik ABC yang mengandung multivitamin lengkap dari vitamin A-E yang penting bagi tubuh anak Indonesia.” 

Tulisan ini telah tayang Jogjaaja.com oleh TIES pada Sabtu, 06 November 2021

Read Next