logo

Kampus

Siapkan Lulusan Berdaya Saing Global, Undip Buka Kelas Internasional

Siapkan Lulusan Berdaya Saing Global, Undip Buka Kelas Internasional
Eduwara.com, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) membuka program kelas internasional, yaitu International Undergraduate Program (IUP) atau Program Sarjana S1 Internasional. Dirancang sebagai kelas khusus, perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan kampus. (EDUWARA/Humas Undip)
Redaksi, Kampus28 April, 2022 01:58 WIB

Eduwara.com, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) membuka program kelas internasional, yaitu International Undergraduate Program (IUP) atau Program Sarjana S1 Internasional. Dirancang sebagai kelas khusus, perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan kampus.

Dikutip dari laman resmi Undip, Rabu (27/4/2022), Kepala Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Undip, Bambang Cahyono, menjelaskan saat ini di Undip terdapat 15 program studi (Prodi) yang telah membuka kelas internasional, yakni Prodi Hukum Fakultas Hukum, Prodi Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 

Kemudian dari Fakultas Teknik terdapat empat Prodi yang membuka kelas internasional yakni Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Kota. Selanjutnya Prodi Sastra Inggris pada Fakultas Ilmu Budaya. 

Dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membuka kelas internasional untuk empat Prodi, yaitui Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik. Untuk Fakultas Sains dan Matematika terdapat dua Prodi untuk kelas internasional yakni Biologi dan Kimia. 

Bambang menjelaskan, Prodi yang membuka kelas internasional adalah yang memiliki akreditasi internasional. Dari 15 Prodi yang membuka program kelas internasional, 13 Prodi sudah berakreditasi internasional. Menyusul dua Prodi terakreditasi internasional pada tahun 2022.

Sistem pembelajaran yang diterapkan menggunakan pembelajaran berorientasi luaran (OBE) yaitu pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran di mana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar, contohnya prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan kualitas lulusan. 

Menurut Bambang, kualitas lulusan Universitas Diponegoro adalah lulusan yang banyak diserap dunia kerja. Hal ini terbukti Undip menduduki rangking pertama versi QuacquarelliSymonds (QS) Asia Ranking 2022. 

Lembaga pemeringkatan universitas dunia telah merilis deretan universitas terbaik di dunia untuk kategori “Graduate Employability Rankings 2022”. Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

“Terlebih dengan dengan adanya kelas internasional program Sarjana S1 IUP menjadikan kualitas lulusan menjadi lebih unggul dan berdaya saing global,” tutur Bambang, Selasa (26/4/2022). Ditambah pula lulusan program IUP memiliki kesempatan memperoleh double degree dari Undip dan universitas luar yang sudah bekerja sama dengan Undip.

Pendaftaran Program Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program-IUP) dibuka mulai 8 Maret-9 Mei 2022. Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) meliputi Figural, Verbal, Logika, Numerik, juga Diponegoro English Test (Prediction Toefl) dan Wawancara dalam bahasa inggris. Info lengkap tentang program IUP dapat diakses di laman pmb.undip.ac.id. (*)

Read Next