logo

Sekolah Kita

Simak! Berikut Cara Memperoleh Akun Pembelajaran Belajar.id

Simak! Berikut Cara Memperoleh Akun Pembelajaran Belajar.id
Direktorat Digital Business and Technology Telkom Edginawan Haddendi Hendra (kanan) dan moderator webinar, Nina Hartinjung, M.Ak (kiri) dalam Webinar Digitalisasi Sekolah dengan judul Akun Pembelajaran Untuk Digitalisasi Sekolah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar, Kamis (27/1/2022). (Eduwara.com/Dok. Istimewa Youtube Direktorat Sekolah Dasar)
Redaksi, Sekolah Kita29 Januari, 2022 19:30 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Kemendikbud Ristek menjawab tantangan pendidikan Indonesia dan pemanfaatan teknologi dengan mengadakan program Digitalisasi Sekolah. Selain itu, adanya Merdeka Belajar juga menjadi salah satu cara menerapkan program tersebut.

Salah satu upaya program Digitalisasi Sekolah yaitu melalui pengadaan akses layanan pendidikan. Pengadaan ini ditujukan kepada peserta didik maupun tenaga kependidikan melalui Akun Pembelajaran (Belajar.id).

Demikianlah garis besar yang disampaikan oleh Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd dalam Webinar Digitalisasi Sekolah dengan judul Akun Pembelajaran Untuk Digitalisasi Sekolah, Kamis (27/1/2022). Webinar yang diinisiasi Direktorat Pendidikan Dasar itu, selain menjelaskan mengenai akun Belajar.id, juga dijelaskan alur mendapatkan akun tersebut.

Adapun yang menjelaskan alur untuk mendapatkan akun pembelajaran yaitu Govtech Edu Telkom, Direktorat Digital Business and Technology Telkom, Edginawan Haddendi Hendra. Dia mengatakan ada dua cara mendapatkan akun pembelajaran. Pertama melalui operator sekolah dan secara mandiri melalui laman website https://belajar.id.

“Untuk operator satuan pendidikan, bisa membuka laman http://pd.data.kemdikbud.go.id. Kemudian login menggunakan SSO Dapodik, klik “Unduh Akun” dan pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh informasi akun yang berisi User ID dan password. Selanjutnya berikan informasi akun kepada pengguna. Saya menekankan, operator sekolah memberikan akun adalah orang yang tepat,” kata dia.

Lebih lanjut, Edginawan menjelaskan langkah-langkah mendapatkan akun pembelajaran secara mandiri sebagai berikut:

1. Buka laman website https://belajar.id. Kemudian isi data diri yang disyaratkan yaitu nama lengkap, jenis pengguna, tanggal lahir, NPSN, dan nama ibu. Edginawan menghimbau untuk mengisi data sesuai Dapodik.

2. Pilih “Kirim detail akun ke e-mail pribadi” untuk mendapatkan rincian Akun Pembelajaran. Namun, bisa menggunakan nomor aktif dan rincian akan dikirimkan melalui SMS.

3. Periksa rincian Akun Pembelajaran yang diterima melalui e-mail atau SMS. Rincian berisi identitas pengguna (User ID) dan kata sandi. Kemudian klik “Aktifkan Akun Pembelajaran Saya”.

4. Lakukan aktivasi Akun Pembelajaran melalui https://mail.google.com atau https://accounts.google.com. Setelah memilih salah satu, masukkan e-mail dan klik “Berikutnya”.

5. Baca syarat dan ketentuan. Jika sudah, klik “Terima”. Kemudian buatlah kata sandi baru. Edginawan menyarankan kata sandi baru harus kuat, unik, dan kalau bisa panjang namun mudah diingat. Jangan sama dengan kata sandi akun lain maupun guru lain.

6. Setelah membuat kata sandi baru, klik “Ubah kata sandi”. Setelah itu, Akun Pembelajaran sudah aktif dan bisa digunakan. (K. Setia Widodo)

Editor: Riyanta

Read Next